Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Senin, 12 Nov 2018 - 22:23:18 WIB
Bagikan Berita ini :

Bamsoet Optimis Lawatannya Dapat Meningkatkan Hubungan RI-Selandia Baru

35IMG-20181110-WA0015.jpg.jpg
Delegasi DPR RI dalam lawatannya ke Selandia Baru (Sumber foto : Humas DPR RI)

WELLINGTON (TEROPONHSENAYAN)--Ketua DPR RI Bambang Soesatyo optimis pertemuan yang telah dilakukanDPR RI dengan Parlemen Selandia Baru dapat meningkatkan hubungan diplomatik antara Indonesia dan Selandia Baru.

Selama berada di Selandia Baru, DPR RI telah melakukan pertemuan dengan Ketua Parlemen Selandia Baru Trevor Mallard, Komite Pembangunan Ekonomi Parlemen Selandia Baru, berdiskusi dengan akademisi dari Victoria University of Wellington, menghadiri konser persahabatan Indonesia-Selandia Baru serta bertemu dengan diaspora serta pelajar Indonesia yang berada di Selandia Baru.

"Selama di Wellington, saya dan delegasi dari DPR RI telah berkunjung dan diterima secara hangat oleh Parlemen Selandia Baru yang dipimpin langsung oleh Mr. Trevor Mallard. Dalam pertemuan tersebut, selain untuk meningkatkan hubungan kerjasama antara kedua negara, juga dibahas masalah-masalah strategis di bidang politik dan ekonomi," ujar Bamsoet disela-sela jamuan makan malam di Kediaman Duta Besar Republik Indonesia untuk Selandia Baru Tantowi Yahya, di Wellington, Sabtu malam (10/11/2018).

Hadir dalam acara ini antara lain, Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru Tantowi Yahya beserta staf KBRI, Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI Mukhmad Misbakhun dan Ahmadi Noor Supit, Anggota Fraksi PDI Perjuangan Masinton Pasaribu, Anggota Fraksi PKS Aboe Bakar Alhabsyi, Staf Khusus Ketua DPR RI Yahya Zaini dan Yorrys Raweyai, Rahmad Gobel, Suryopratomo, Karni Ilyas, Bens Leo, Wahyu Muryadi, Rossy, Ilham Bintang, Timbo Siahaan serta Primus Dorimulu.

Bamsoet menjelaskan, rombongan delegasi DPR RI juga berdiskusi dengan akademi dari Universitas Victoria mengenai kebijakan politik luar negeri Indonesia. Diskusi dipimpin langsung Profesor David Capie dan dihadiri para guru besar, dosen serta mahasiswa.

Dalam pertemuan tersebut dipaparkan mengenai kemajuan demokrasi di Indonesia setelah 20 tahun reformasi. Dengan keberhasilan membangun institusi demokrasi, menyelenggarakan Pemilu secara demokratis dan damai, membangun kebebasan pers serta otonomi daerah, kini Indonesia tumbuh menjadi negara demokrasi terbesar ketiga di dunia.

"Tantangan yang dihadapi dalam demokrasi Indonesia saat ini adalah semakin luas dan besarnya peran media sosial dalam membangun opini dan memengaruhi kehidupan politik di Indonesia," kata Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini.

Dipaparkan pula Indonesia akan melaksanakan Pemilu, Pileg dan Pilpres serentak pada tahun depan. Pemilu serentak di Indonesia ini merupakan pemilih yang paling rumit. Karena, melibatkan hampir 200 juta pemilih, memilih 5 kertas suara, yaitu Capres dan Cawapres, DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, serta tersebar di 805 ribu TPS dengan tingkat kesadaran politik warga yang sangat beragam.

"Jika kita sukses melaksanakan Pemilu serentak tersebut, kita akan dicatat dengan tinta emas sebagai negara demokrasi yang sukses di dunia. Tapi, jika gagal kita akan dicemooh. Saya harap warga negara Indonesia yang ada di luar negeri dapat berpartisipasi dengan menggunakan hak pilihnya secara bebas dan demokratis," urai Wakil Ketua Umum KADIN ini.

Lebih lanjut, Bamsoet mengaku takjub dengan konser persahabatan 'The Symphony of Friendship' yang digelar KBRI Selandia Baru. DPR RI mendukung penuh diplomasi kebudayaan yang dilakukan Dubes Indonesia untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya.

"Semalam kita menyaksikan sebuah atraksi budaya yang sangat luar biasa, wonderful and amazing event. Semua penonton dibuat berdecak kagum, mulai dari Ketua dan anggota Parlemen, para menteri, diplomatic corp, serta masyarakat Indonesia Indonesia dan Selandia Baru yang hadir," tutur Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini.

Bamsoet berharap upaya yang dilakukan Dubes Tantowi Yahya untuk membangun persepsi dan opini bahwa Indonesia bukan hanya menjadi bagian Asia, tetapi juga bagian Pasifik dapat berhasil. Karena memang lebih dari 80 persen etnis Melania dan Polinesia berada di wilayah Papua, Maluku dan NTT.

"Untuk itu penguatan peran dan pembangunan di kawasan timur Indonesia, khususnya di Papua, Maluku dan Nusa Tenggara Timur mutlak harus dilakukan. Bahkan, DPR akan mendukung Papua sebagai gerbang Indonesia di kawasan Pasifik," tegas mantan Ketua Komisi III DPR RI ini.

Secara khusus, Bamsoet mengucapkan terimakasih karena selama lawatan di Selandia Baru mendapat sambutan hangat dari Dubes Tantowi Yahya bersama seluruh staf KBRI.

"Keberhasilan Diplomasi yang dilakukan Dubes Tantowi Yahya selama memimpin KBRI Selandia Baru patut kita apresiasi dan acungkan jempol. Kalau saja saat ini saya memiliki kewenangan mendorong Tantowi menjadi Menteri Luar Negeri, pasti sudah saya lakukan," pungkas Bamsoet sembari tersenyum.(yn)

tag: #dpr  #bamsoet  #bambang-soesatyo  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fraksi PKS Sangat Kecewa AS Veto Keanggotaan Penuh Palestina di PBB

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini sangat kecewa dan menyesalkan sikap Amerika Serikat (AS) yang memveto draf resolusi untuk mengakui secara penuh keanggotaan Palestina di ...
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...