Berita
Oleh Sahlan pada hari Senin, 12 Nov 2018 - 22:32:49 WIB
Bagikan Berita ini :

DPR Sambut Positif Soal Buku Nikah Diganti Kartu

5ace-hasan.jpg.jpg
Ace Hasan Syadzily (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily mengapresiasi langkah Kementerian Agama mengubah buku nikah menjadi format kartu. Menurut dia, kartu nikah lebih efisien untuk dibawamasyarakat.

"Bentuknya juga bisa lebih efisien, bisa dibawa kemana-mana dan saya kira itu sesuatu yang wajar saja," kata Ace saat dihubungi, Senin (12/11/2018).

Ace juga mengakui bahwa di komisinya sudah pernah membahas soal ini. Ia berpandangan, penggunaan kartu tersebut sebagai upaya meringankan pelayanan kepada masyarakat.

"Karena kan bagaimanapun kita tahu bahwa kebutuhan akan bukti nikah itu memang kerap kali ditanyakanpelayanan-pelayanan yang lain. Misalnya seperti ketika untuk modal pinjaman perbankan kan selalu ditanya apakah sudah menikah atau belum. Kemudian ada buku nikahnya apa enggak. Demikian juga pelayanan paspor, dan kebutuhan kebutuhan lain. Jadi menurut saya itu bisa dibuktikan dengan kartu nikah," kata dia.

Sebelumnya, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, kartu nikah dibuat agar dokumen administrasi pernikahan bisa lebih simpel disimpan, jika dibandingkan buku nikah yang tebal.

"Kami ingin lebih simpel seperti KTP atau ATM yang lain, jadi itu bisa dimasukkan ke dalam saku bisa disimpan di dalam dompet," kata Lukman.

Lukman mengatakan, kartu nikah itu juga dapat memudahkan masyarakat jika ingin mendaftarkan sesuatu yang diperlukan dalam catatan pernikahan. Menurut dia,model kartu nikah bisa dibawa ke mana-mana dibanding buku nikah.(yn)

tag: #kementerian-agama  #dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...