Berita
Oleh Alfian Risfil pada hari Selasa, 13 Nov 2018 - 14:30:44 WIB
Bagikan Berita ini :

Anies dan Pras Lepas Presiden Jokowi Terbang ke Singapura Hadiri KTT ASEAN

6rps20181113_143024.jpg.jpg
Presiden Jokowi, Gubernur Anies dan Ketua DPRD DKI Prasetio berbincang akrab sesaat sebelum bertolak ke Singapura di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (13/11/2018). (Sumber foto : Alfian/dok.TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi, hari ini, Selasa (13/11/2018), bertolak ke Singapura dalam rangka kunjungan kenegaraan.

Presiden Jokowi tampak mengenakan setelan jas resmi. Sedangkan Iriana tampil cantik mengenakan kebaya motif batik.

Presiden Jokowi dan rombongan terbang menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Sebelum berangkat, Jokowi berpamitan terlebih dahulu dengan Gubernur DKI Anies Baswedan dan Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi (Pras)yang ikut melepas ke Bandara.

Ketiganya sempat cipika-cipiki dan berbincang beberapa saat sebelum pesawat lepas landas.

Selama di Singapura, Presiden dijadwalkan akan menghadiri KTT ke-33 ASEAN yang akan berlangsung pada 13-15 November 2018.

Pada kesempatan ini, Indonesia akan mematangkan proses pengembangan kerja sama Indo-Pasifik.

Selain itu, sebagai koordinator ASEAN-Rusia, Presiden Jokowi direncanakan menyampaikan 'statement ASEAN' dalam pertemuan ASEAN-Rusia. Dibawah kordinasi Indonesia, kerja sama ASEAN-Rusia telah menjadi kemitraan strategis.

Di sela-sela pelaksanaan KTT ASEAN, Presiden juga diagendakan untuk melakukan beberapa pertemuan bilateral.

Setelah KTT ASEAN, Presiden akan melanjutkan kunjungan kerja ke Port Moresby, Papua Nugini, untuk menghadiri KTT ke-26 APEC pada 17-18 November 2018.

Pada KTT APEC yang bertema ’Harnessing Inclusive Opportunities Embracing Digital Future’, Indonesia akan mengedepankan antara lain, pemanfaatan teknologi digital untuk pembangunan inklusif.

Selama di Port Moresby, Presiden juga direncanakan melakukan pertemuan bilateral serta dialog dengan 12 pimpinan negara kepulauan Pasifik untuk membahas kerja sama maritim dan penanggulangnan perubahan iklim.

Turut serta mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dalam penerbangan ke Singapura antara lain, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, Kepala Protokol Negara Andri Hadi, Sekretaris Pribadi Presiden Anggit Noegroho, Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono, dan Staf Khusus Presiden Adita Irawati.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah terlebih dahulu tiba di Singapura untuk menghadiri pertemuan tingkat menteri dan mempersiapkan kedatangan Presiden.

Pantauan di lokasi, tampak juga ikut melepas keberangkatan Presiden dan Ibu Iriana, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, dan Wakapolri Komjen Polisi Ari Dono Sukmanto. (Alf)

tag: #menteri-jokowi  #anies-baswedan  #prasetyoedi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement