Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 14 Nov 2018 - 17:26:40 WIB
Bagikan Berita ini :

Pamor Habib Rizieq Turun Sejak Tinggal di Arab Saudi Versi LSI

38habib-rizieq.jpg
Habib Rizieq Shihab (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menyebutkan, pengaruh Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab di mata masyarakat mengalami penurunan yang signifikan sejak tinggal cukup lama di Mekah, Arab Saudi.

Survei bertajuk 'Ulama dan Efek Elektoralnya' dipaparkan di kantor LSI, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (14/11/2018).

Menurut peneliti LSI, Ikrama Masloman, turunnya pengaruh Habib Rizieq karena selama tinggal di Mekah, dia dicitrakan sebagai ulama yang tak taat hukum.

"Sejak (Rizieq) ke Arab Saudi dalam waktu yang lama dan dicitrakan berkasus hukum, pengaruh Habib Rizieq Shihab berkurang signifikan," kata Ikrama.

Ikrama menjelaskan, survei pihaknya ini dibagi tiga segmen untuk melihat pengaruh Rizieq di mata masyarakat Tanah Air. Tiga segmen itu yakni tingkat pengenalan, kesukaan, dan mengikuti imbauannya.

Di segmen tingkat pengenalan, publik yang mengenal Rizieq terbilang meningkat, yakni sebanyak 48,7 persen pada Desember 2016 naik jadi 53,4 persen pada Oktober 2018.

Namun pada segmen tingkat kesukaan, masyarakat yang awalnya suka dengan Rizieq menurun, yakni 67,3 persen pada Desember 2016, menjadi 52,9 persen pada Oktober 2018.

Sementara di segmen mengikuti imbauan, masyarakat yang mengikuti imbauan Rizieq kembali menurun drastis. Datanya pada Desember 2016, kalangan yang mengikuti amanat Rizieq sebanyak 31,4 persen, kemudian turun jadi 17,0 persen pada Oktober 2018.

Kendati pamornya turun, ungkap Ikrama, Rizieq dinilai pihaknya masih termasuk lima besar ulama atau tokoh agama yang berpengaruh dan diikuti oleh masyarakat imbauannya. Namun, Rizieq menjadi urutan terbuncit.

Sementara ulama yang paling diikuti imbauannya oleh masyarakat, kata Ikrama, berdasar survei LSI adalah Ustaz Abdul Somad dengan angka 30,2 persen. Masyarakat yang pernah dengar Somad 59,3 persen dan mereka yang menyukai sebanyak 82,5 persen.

Urutan kedua ditempati Ustaz Arifin Ilham. Masyarakat yang mau mengikuti imbauannya sebanyak 25,9 persen, mereka yang pernah dengar 41,2 persen, dan kalangan yang menyukai Arifin sebanyak 84,4 persen.

Disusul Ustaz Yusuf Mansur di posisi ketiga. Masyarakat yang mau mengikuti imbauannya sebanyak 24,9 persen, pernah mendengar 57,2 persen, dan yang menyukai Yusuf Mansur sebanyak 84,9 persen.

Urutan keempat diisi Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym. Mereka yang mau mengikuti imbauan Aa Gym sebanyak 23,5 persen, pernah mendengar 69,3 persen, dan yang menyukai sebanyak 79,7 persen.

Diterangkan Ikrama, survei LSI Denny JA bertajuk Ulama dan Efek Elektoralnya dilakukan 10-19 Oktober dengan melibatkan 1.200 responden di 34 provinsi. Wawancara dilakukan secara tatap muka memakai kuesioner kepada responden yang terpilih lewat metode multistage random sampling. Sementara Margin of error survei ini sebesar kurang lebih 2,8 persen.(yn)

tag: #habib-rizieq  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...