Editorial
Oleh Pamudji Slamet pada hari Senin, 19 Nov 2018 - 08:07:14 WIB
Bagikan Berita ini :

Berbagi Panggung Politik dengan Relawan

67jokowiprabowo8.jpg.jpg
Calon Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo (Jokowi) dan Calon Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto (Sumber foto : ist)

Fenomena relawan menghangat pada perhelatan Pilpres 2014. Sebelumnya, suksesi lima tahunan itu murni menjadi panggungnya partai politik.

Polemik relawan kembali mengharu biru pada Pilkada DKI Jakarta 2017.Pentas politik yang menyedot perhatian manusia se-Indonesia ini memberi ruang politik lebih kepada relawan.

Kini, dalam hari-hari menuju Pilpres 2019, kiprah relawan kembali menggema. Masing-masing pasangan calon memberi perhatian khusus kepada mesin politik yang tak memiliki baju partai itu.

Dalam pandangan beberapa kalangan, kemunculan relawan berbanding lurus dengan kemunduran partai politik dalam memobilisasi massa. Kemunculan ini juga cerminan dari semakin menguatnya populisme politik.

Mencuatnya fenomena relawan ditengarai tidak terlepas dari lemahnya keterikatan seseorang terhadap parpol. Yang menarik, lemahya keterikatan itu jutru memperkuat persepsi positif terhadap kandidat yang diusung partai. Dari penguatan persepsi inilah relawan mampu mengajak masyarakat untuk mendukung sang kandidat. Di titik ini pula, para relawan telah mendongkrak elektabilitas sang calon.

Dari pengalaman Pilpres 2014 dan Pilkada DKI Jakarta dan daerah lainnya, terdapar dua tipe relawan. Pertama, relawan yang menambatkan afiliasi politiknya kepada sosok sang calon. Di komunitas relawan ini, sangat dimungkinkan bertemunya orang-orang dari lintas partai politik. Mereka bersatu karena ingin memenangkan sosok sang calon.

Kedua, relawan yang memberikan dukungan karena gagasan sang kandidat. Biasanya, mereka berasal dari partai yang sama, namun memilih bekerja di luar hirarki kepartaian.

Fenomen relawan menyadarkan banyak pihak bahwa panggung politik bukan lagi monopoli partai. Mau tidak mau, suka tidak suka, partai politik harus rela berbagi panggung dengan mereka.(*)

tag: #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Editorial Lainnya
Editorial

Redam Harga Masker!

Oleh Firdaus
pada hari Selasa, 18 Feb 2020
Belakangan ini masyarakat terkejut dengan lonjakan harga masker hingga lebih 100% dan barangnya langka di beberapa apotik di Jakarta maupun daerah lainnya. Bahkan Komisi Pengawas Persaingan Usaha ...
Editorial

Degradasi Etika Pejabat

Keputusan Pemerintah menentukan Pangkalan Militer TNI di komplek Pangkalan Udara Raden Sajad Kepulauan Natuna untuk lokasi observasi 238 WNI dari Wuhan, China, adalah keputusan yang tepat. Pertama, ...