Jakarta
Oleh Bara Ilyasa pada hari Selasa, 20 Nov 2018 - 15:15:32 WIB
Bagikan Berita ini :

Gerindra Ingin Fit and Proper Test Wagub DKI Terbuka, PKS: Bentuk Saja Timnya Dahulu

32Bendera-PKS-dan-Gerindra.jpg.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD DKI Jakarta Abdurahman Suhaimi menanggapi keinginan Partai Gerindra soalmekanisme uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test Wagub DKI Jakarta.

Menurut Suhaimi, apakah teknis pelaksanaannya dilakukan secara terbuka atau tertutup itu urusan nanti.

Suhaimi mengatakan, saat ini pihaknya fokus padapembentukan tim uji kepatutan dan kelayakan. Dia ingin tersebut segera dirampungkan.

"Langkah pembentukan tim dulu, nanti setelah rampung baru dibicarakan (apakah tertutup atau terbuka)," kata Suhaimi kepada TeropongSenayan, Selasa (20/11/2018).

Suhaimi melanjutkan, uji kelayakan dan kepatutan Wagub DKI Jakarta dibuat secara sederhana dan juga harus mengedepankan akutantabilitas untuk publik.

Ia menilai, mekanisme secara terbuka atau tertutup juga tidak diatur dalam Undang-Undang karena hanya kesepakatan parpol koalisi.

"Persyaratan yang harus di publish, secara UU juga tidak ada jadi dibuat secara sederhana tapi juga harus akutanbel," ujar Suhaimi.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Syarif mengatakan pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta melalui uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test harus digelar secara terbuka.

Menurut Syarif, masyarakat Jakarta memang berhak terlibat dan mengetahui para calon kandidat Wagub pengganti Sandiaga Uno.

"Supaya enggak dianggap macem-macem memang pilihannya harus terbuka. Ya prosesnya harus (terbuka) dong, masyarakat dilibatkan. Saya sih setuju," kata Syarif saat ditemui wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (19/11/2018) kemarin. (Alf)

tag: #pks  #dki-jakarta  #partai-gerindra  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...