Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Minggu, 25 Nov 2018 - 11:42:14 WIB
Bagikan Berita ini :

Ketua MPR: Santri Harus Menguasai Iptek

48IMG-20181125-WA0002.jpg.jpg
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan di hadapan ribuan santri Pondok Pesantren Tarekat Idrisiyyah Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (24/112018) malam (Sumber foto : Humas MPR RI)

TASIKMALAYA (TEROPONGSENAYAN)--Di hadapan ribuan santri Pondok Pesantren Tarekat Idrisiyyah Tasikmalaya, Jawa Barat, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengingatkan, hidup di dunia itu berlaku hukum alam. Yakni siapa yang kuat, akan menjadi raja danmenguasai yang lemah. Karena itu, kata dia, umat Islam harus bersatu, jangan terpecah belah, agar tidak mudah dikalahkan.

"Perpecahan membuat kita lemah, sehingga mudah dikalahkan. Sejarah telah memberikan pelajaran, penjajah Belanda bisa memadamkan aksi perlawanan para pejuang karena kita mau dipecah belah", kata Zulkifli Hasan menambahkan.

Pernyataan itu disampaikan Ketua MPR, saat memberikan sambutan pada acara Qini Nasional ke 139, di Ponpes Tarekat Idrisiyyah Tasikmalaya, sekaligus peringatan maulid Nabi SAW. Acara tersebut berlangsung di masjid Al Fattah, Komplek Tarekat Idrisiyyah Tasikmalaya, Sabtu (24/11/2018) malam.

Qini Nasional adalah Even tarekat yang dilaksanakan setahun tiga kali, masing-masing pada bulan Maulid, Rajab, dan Zulhijjah. Qini nasional dilaksanakan untuk menyambung silaturrahim, antara Mursyid tarekat dengan murid, agar para murid bisa terus mendapat bimbingan Islam. Pelaksanaan Qini Nasional pertama kali dilaksanakan pada 1978. Qini Nasiomal yang dilaksanakan bulan Maulud tahun ini adalah yang ke 139. Ikut hadir pada acara tersebut, Mursyid Tarekat Idrisiyyah Tasikmalaya Syekh Muhammad Fathurahman M. Ag


Selain menjaga persatuan, menurut Ketua MPR, para santri dan generasi muda harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Karena hanya dengan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sajalah bangsa Indonesia bisa bersaing dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

"Saat ini SDM kita tertinggal jauh, dibanding negara lain dan hanya berada pada urutan ke 62 di dunia. Butuh perjuangan keras agar bisa mensejajarkan diri dengan bangsa lain. Karena itu banyaklah belajar dan membaca buku", kata Zulkifli lagi.

Pada kesempatan itu Zulkifli Hasan kembali menegaskan bahwa santri dan ulama selalu menjadi bagian tak terpisahkan dalam perjuangan bangsa Indonesia. Pada 1905, sebelum lahirnya Budi Utomo terlebih dahulu lahir Sarikat Islam. Kemudian Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama serta organisasi Islam lainnya.

Bahkan, sebelum lahirnya Pancasila pada 18 Agustus 1945, sudah disahkan dahulu naskah Piagam Jakarta pada 22 Juni 1945. Tetapi, karena ada keberatan sejumlah tokoh Indonesia Timur, para ulama rela mengorbankan naskah Piagam Jakarta, dan menerima Pancasila 18 Agustus, semata-mata agar proklamasi Kemerdekaan Indonesia bisa dipertahankan.(yn)

tag: #mpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...