Jakarta
Oleh Bara Ilyasa pada hari Selasa, 27 Nov 2018 - 01:38:49 WIB
Bagikan Berita ini :

Garap Stadion Persija, DPRD DKI Pangkas Dana PMD PT Jakpro

9020140425-gedung-dprd-dki-jakarta.jpg.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPRD DKI Jakarta akhirnya setuju pembangunan stadion Persija Jakartadi Taman BMW, Sunter, Jakarta Utaradikerjakan oleh BUMD DKI, PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

Politisi Kebon Sirih juga menyetujui danapenyertaan modal daerah (PMD) Rp 400 miliar yang diajukan Jakpro dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) DKI 2019.

Hal itu diputuskan dalam rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI Jakarta, Kebon Sirih, Senin (26/11/2018).

Direktur Utama Jakpro Dwi Wahyu Daryoto mengaku menerima keputusan yang dibuat Banggar tersebut.

Meskipun, kata dia, Jakpro mulanya mengajukan PMD dari Rp 1,6 triliun kemudian menjadi Rp 400 miliar.

"Untuk stadion Jakarta internasional, yang rencana Rp 1,6 triliun untuk 2019, kita mulai dengan Rp 400 miliar untuk penyiapan lahan dan skemanyapublic private partnership," ujar Dwi usai rapat.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah menyampaikan, PMD untuk stadion BMW pada 2019 dipangkas Rp 1,2 triliun karena rancangan APBD DKI 2019 defisit.

Dia memastikan PMD Rp 400 miliar cukup untuk tahap awal pembangunan stadion BMW.

"Ini mengingat defisit tadi. Angka ini (Rp 400 miliar) yang bisa dieksekusi di 2019 nanti, jangan sampai ada dana parkir (mengendap)," ucapnya.

Dwi kemudian menjelaskan, pembangunan stadion BMW totalnya membutuhkan dana sekitar Rp 4,5 triliun. Stadion itu akan dibangun selama tiga tahun, mulai dari 2019 hingga 2021.

Pada 2019, Jakpro akan merancang ulang desain ataudetail engineering design(DED) mengingat pembangunan stadion BMW akan diintegrasikan dengan pengembangan kawasan di sekitarnya. PMD Rp 400 miliar itu telah dihitung cukup untuk merancang DED tersebut.

"Perubahan desain ini butuh biaya sebelum mulai proses tender. Integrasi desain kita akan coba gunakan untuk mengoptimalkan fungsi stadion, tidak hanya khusus untuk sepak bola, tapi juga untuk fungsi yang lain. Biaya pertama untuk 2019 kira-kira kita alokasikan Rp 400 miliar," tutur Dwi.

DPRD Akan Pelototi Pembangunan Persija

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengatakan, pihaknya akan mengawasi pembangunan kandang Persija Jakarta itu.

Prasetio sebelumnya sempat menolak Stadion BMW dibangun Jakpro mengingat BUMD itu pernah bermasalah mengelola PMD.

"Anggaran sudah disepakati Rp 400 miliar. Saya akan menjalankan fungsi pengawasan secara maksimal," kata Prasetio di Gedung DPRD DKI Jakarta.

Prasetio menyampaikan, Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI menyetujui PMD itu dalam rangka memberikan kesempatan kepada Jakpro untuk mengerjakan proyek penugasan dari Pemprov DKI Jakarta.

"Setelah melalui pertimbangan dan pembahasan di Banggar, DPRD memberikan kesempatan kepada Jakpro untuk membangun Stadion BMW," kata Prasetio. (Alf)

tag: #dprd-dki  #pemprov-dki  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...