Ragam

Ini Etika Naik Pesawat Yang Harus Kamu Pahami

Oleh Agus Suryono (Penulis/Pemerhati Penerbangan) pada hari Kamis, 29 Nov 2018 - 14:49:50 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

78pesawat2.jpg

Ilustrasi (Sumber foto : ist)

Di manapun berada, menjaga etika adalah hal sangat penting. Entah itu saat bersama banyak orang, maupun saat sedang tidak ada yang melihat. Saat berada dalam pesawat terbang pun kita harus tetap memahami etika yang ada agar penerbangan tersebut lancar.

Seperti yang kita tahu, pembelian tiket pesawat sekarang sudah semakin mudah. Sayangnya banyak juga pemegang tiket pesawat yang belum memahami etika baik saat menaikinya dan terkadang harus sampai mengganggu penerbangan kita.

Nah, agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain, pahami dulu yuk etika naik pesawat yang berikut ini.

Perhatikan dan Patuhi Peraturan Dari Kru Kabin

Ini merupakan etika dasar ketika kamu naik pesawat terbang. Sebelum lepas landas, kru kabin akan memberikan informasi tentang apa yang harus kamu lakukan saat berada di dalam pesawat. Seperti larangan merokok, larangan menghidupkan alat telekomunikasi saat pesawat akan lepas landas dan mendarat, menggunakan sabuk pengaman, serta peragaan alat keselamatan. Hal-hal tersebut sangat penting untuk dipatuhi, jangan sampai kamu mengabaikannya.

Bercandalah Yang Wajar

Yang dimaksud di sini adalah tidak bercanda melampaui batas atau terlalu keras sehingga mengganggu pemegang tiket pesawat yang lainnya. Perhatikan juga bahan bercandaan kamu, jangan sekali-sekali bercanda dengan topik bom. Selain akan membuat penerbangan dibatalkan, kamu juga akan mendapat tindakan hukum dengan pidana penjara paling lama satu tahun. Tidak mau kan rencana liburan gagal total karena bercandaan tidak penting seperti ini?

Bersikap Sopan Terhadap Kru Kabin

Kru kabin adalah sosok yang penting selama penerbangan. Kru kabinlah yang siap membantu kita saat mengalami masalah di atas pesawat. Jangan sekali-sekali bertindak melecehkan kru kabin, entah itu pelecehan seksual maupun bercanda yang terlalu berlebihan kepada mereka. Jangan pula bertindak seenaknya sendiri mentang-mentang mampu membeli sebuah tiket pesawat terbang. Hal ini masih sering terjadi di Indonesia lho, jadi jangan sampai kamu menjadi salah satunya ya.

Junjungkan Rasa Toleransi

Junjungkan rasa toleransimu saat berada di dalam pesawat, karena sikap ini juga dibutuhkan. Misalkan saja saat ada orang yang duduk dekat jendela namun minta tukar karena dia takut ketinggian, ada anak yang ingin duduk dekat orang tuanya, atau mengalah saat ada orang berkebutuhan khusus yang hendak masuk pesawat.

Jaga Kebersihan

Yang terakhir ini sebenarnya harus kamu terapkan di mana saja, tetapi saat di pesawat jangan sampai kamu melupakan etika penting ini. Masih sering terjadi penumpang meninggalkan sampahnya di kursi mereka atau di kantong kursi di depannya.

Dengan menjaga etika tersebut kamu tak hanya akan merasa nyaman, tetapi juga menjaga kenyamanan dari penumpang lainnya. Penerbangan pun akan semakin lancar. Jadi, selalu jaga etika tersebut ketika menaiki pesawat terbang ya. (*)

tag: #  

Bagikan Berita ini :