Opini
Oleh Solver Agung (International Master Solver STIFIn Owner Klinik Solver Agung) pada hari Rabu, 05 Des 2018 - 18:10:30 WIB
Bagikan Berita ini :

Potensi Fitrah Manusia

7ilustrasiotak.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : ist)

Sejatinya setiap manusia diberikan kelebihan dan kekurangan untuk menjalani kehidupan. Bagaimana cara menemukan dan menempa kelebihan kita yang sudah kita miliki dan di anugerahi oleh Allah. Sejatinya tinggal menemukan siapa diri Anda dan menemukan jati diri Anda untuk menghebatkan diri. Terkait hal ini Al-Qur'an telah mengungkap hal ini dengan sebutan 'Makaanah' sebagaimana yang tercantum dalam QS Al-An'aam : 135

قُلْ يَا قَوْمِ اعْمَلُوا عَلَىٰ مَكَانَتِكُمْ إِنِّي عَامِلٌ ۖ فَسَوْفَ تَعْلَمُونَ مَن تَكُونُ لَهُ عَاقِبَةُ الدَّارِ ۗ إِنَّهُ لَا يُفْلِحُ الظَّالِمُونَ [٦:١٣٥]

Yang artinya sebagai berikut, “ Katakanlah: "Hai kaumku, berbuatlah sepenuh kemampuanmu, sesungguhnya akupun berbuat (pula). Kelak kamu akan mengetahui, siapakah (di antara kita) yang akan memperoleh hasil yang baik di dunia ini. Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu tidak akan mendapatkan keberuntungan “ QS. Al-An’aam : 135

Bagaimana cara belajar yang sesuai dengan kelebihan, cara bekerja yang nyaman, cara bisnis yang menyenangkan, cara mendidik yang asyik, dan cara menjadi orang tua yang hebat untuk generasinya.

Setiap orang yang dilahirkan ke dunia adalah orang-orang yang mempunyai kecerdasan yang luar biasa. Hanya saja mereka kurang menemukan orang yang tepat untuk menjadikan dirinya menjadi seorang yang cerdas dan hebat. Cara untuk meningkatkan kelebihan kita, ada banyak sekali cara. Hanya saja cara tersebut belum ada yang cocok untuk kondisi pribadi kita. Setiap cara untuk menunjukan kelebihan kita kadang agak sulit untuk di implementasi kehidupan sehari-hari. Di dunia serba modern dan canggih setiap individu memerlukan teknologi yang simple dan praktis.

Bagaimana untuk menemukan kelebihan pada diri kita bahkan cara mengasahnya sesuai dengan setiap individu. Manusia sendiri mempunyai 100% Fenotif (keadaan saat ini) terdiri dari 20 % Genotip adalah kecerdasan yang dimiliki setiap genetik induvidu sedangkan 80% berasal dari keadaan lingkungan. Dari genotiplah yang membawa perubahan untuk kehidupan kita agar menjadi manusia fokus pada kelebihan yang kita miliki, faktor lingkungan yang mendorong dan menantang setiap individu untuk mengasah kelebihan menuju puncak-puncak kehidupan yang belum pernah dibayangkan.

Kekuatan diri adalah kemampuan atau prestasi untuk mencapai tujuan secara konsisten. Konsisten memerlukan perjuangan untuk tidak patang menyerah. Keep spirit... Perubahan dalam hidup tidak akan mudah untuk diraih dalam waktu singkat. Perlu lahitan selama 10.000 Jam untuk menemukan apa yang ada di dalam diri kita. Dengan adanya teknologi yang simple dan priktis setiap orang akan lebih terbantu untuk mencapai tujuan hidup yang sesungguhnya.

Teknologi yang di gunakan oleh STIFIn berbeda dengan metode yang lain. Kehebatan teknologi ini dapat memproses data kecerdasan dalam diri kita dengan waktu kurang lebih 5 menit. Seluruh manusia yang ada di dunia bahkan miliyaran manusia hanya di kelompokan menjadi 5 tipe atau 5 jenis Mesin Kecerdasan.

Proses penempaan individu mulai dari proses identifikasi potensi diri. Setiap individu mempunyai potensi masing-masing dan ciri khas yang unik. Dimana potensi individu memiliki kelebihan-kelebihan di bidang tertentu. Supaya hidup dapat mencapai tujuan yang kita inginkan.

Banyak kasus yang tidak sesuai dengan potensi pada dirinya lalu dipaksakan untuk mejalankan kegiatan tersebut, pada akhirnya hidupnya mempunyai tekanan yang mendalam. Sebagai contoh anak yang cara belajarnya dengan menggunakan proses hanya mendengarkan dan berdiskusi bisa meraih bintang kelas. Potensi individu akan lebih baik diketahui pada saat kita masih anak-anak sehingga orang tua bisa mendesign jalan hidupnya. Kalau yang sudah dewasa terus perbaiki secara kontinyue.

Hal terpenting yang harus kita miliki dengan mengoptimalkan potensi kelebihan kita, cara mengetaui kelebihan kita dengan mengenal diri sendiri untuk menentukan pilihan-pilihan kehidupan yang penuh makna dan sukses dunia akhirat.(*)

Kanal opini adalah media warga. Setiap opini di kanal ini menjadi tanggung jawab penulis.

Disclaimer : Rubrik Opini adalah media masyarakat dalam menyampaikan tulisannya. Setiap Opini di kanal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis dan teropongsenayan.com terbebas dari segala macam bentuk tuntutan. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai dengan undang-undang pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini. Redaksi teropongsenayan.com akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang sebagai bagian dari hak jawab.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Opini Lainnya
Opini

Kode Sri Mulyani dan Risma saat Sidang MK

Oleh Anthony Budiawan - Managing Director PEPS (Political Economy and Policy Studies)
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Sri Mulyani (dan tiga menteri lainnya) dimintai keterangan oleh Mahkamah Konstitusi pada 5 April yang lalu. Keterangan yang disampaikan Sri Mulyani banyak yang tidak ...
Opini

Tersirat, Hotman Paris Akui Perpanjangan Bansos Presiden Joko Widodo Melanggar Hukum: Gibran Dapat Didiskualifikasi?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --1 April 2024, saya hadir di Mahkamah Konstitusi sebagai Ahli Ekonomi dalam sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum 2024. Saya menyampaikan pendapat Ahli, bahwa: ...