Jakarta
Oleh Bara Ilyasa pada hari Sabtu, 08 Des 2018 - 09:48:36 WIB
Bagikan Berita ini :

DPRD Sebut Proyek Tiga JPO DKI Tidak Transparan

4JPO Ratu Plaza.jpg.jpg
Anies meninjau pembangunan JPO Ratu Plaza (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Mohammad Taufik mengkritisi proyek pembangunan tiga jembatan penyeberangan orang (JPO) yang akan dibangun Pemprov DKI.

Menurutnya, proyek dengan biaya mencapai Rp 118 miliar tersebut, tidak ada dalam rencana pembangunan di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI.

“Kami di DPRD heran, itu uang dari mana untuk membangun JPO? Kami sudah cek tidak ada dalam penganggaran,” ujar Taufik di gedung DPRD DKI Jakarta, Jumat (7/12).

Taufik menilai, anggaran sebesar Rp 118 miliar untuk proyek JPO juga terbilang fantastis dan kurang masuk akal. “Memangnya JPO-nya berlapis emas, kok biayanya sebanyak itu? Kami melihat banyak yang tidak beres dengan proyek ini,” kata Taufik.

Lebih lanjut, Taufik meminta pembangunan proyek JPO dilaksanakan secara transparan. Jika pembiayaan dari CSR, segera umumkan CSR mana? dan jika dari APBD juga segeralah ditunjukan, karena berdasarkan pengecekan yang kami lakukan, pembiayaan proyek tiga JPO memang tidak kami temukan,” jelasnya.

Politisi Gerindra ini meyakini Gubernur Anies Baswedan tidak mendapatkan laporan yang benar dari anak buahnya mengenai perencanaan dan pembiayaan proyek JPO itu. “Karena, jika gubernur mengetahui ada yang tidak tepat dalam pembiayaan, pasti akan ditolak,” ucapnya.

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Bina Marga memulai pembangunan tiga jembatan penyeberangan orang kekinian. Pembangunan rencananya akan berlangsung hingga 31 Desember 2018.

Tiga JPO tersebut mengusung konsep kekinian dengan fitur-fitur mewah. Selama direvitalisasi, tiga JPO tersebut ditutup bagi para pejalan kaki. Halte bus Transjakarta di Bundaran Senayan dan Polda Metro Jaya juga akan dinonaktifkan.

Lokasi JPO itu sendiri di antaranya ada di JPO Polda Metro Jaya, JPO Gelora Bung Karno, dan JPO Ratu Plaza. (ahm)

tag: #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...