Jakarta
Oleh Bara Ilyasa pada hari Rabu, 12 Des 2018 - 23:23:10 WIB
Bagikan Berita ini :

Penataan Bantaran Kali Karang Solusi Ekonomi Kerakyatan

71IMG-20181212-WA0045.jpg.jpg
Lahan bantaran Kali Karang di Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara yang akandijadikan ruang interaktif terbuka hijau. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Penataan bantaran Kali Karang di Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara akan mengubah lahan terbengkalai seluas sekitar 2,5 hektare menjadi ruang interaktif terbuka hijau. Rencananya, penataan juga akan mengakomodir pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar.

Camat Penjaringan Mohammad Andri mengatakan, penataan bantaran Kali Karang sudah memiliki izin mendirikan bangunan (IMB) untuk memanfaatkan sekitar 11 persen area lahan sebagai fasilitas ruang interaktif warga, sarana olah raga (jogging track), perparkiran dan pusat kuliner. Proses perizinan dilaksanakan sesuai aturan melalui PTSP tingkat provinsi.

"Jadi di area kulinernya itu juga akan menampung pedagang kecil mandiri (PKM) binaan Suku Dinas KUKMP. Dan UKM serta PKL," ujar Mohammad Andri di Jakarta, Rabu (12/12/2018).

Dijelaskan Andri, penataan akan membuat kawasan lebih indah dan tertata. Keberadaan area parkiran juga akan mengatasi persoalan parkir liar di sepanjang Jl Pluit Karang Indah Timur.

"Konsep penataannya menyeluruh dan mengembangkan pemberdaya ekonomi masyarakat," tandasnya.

Sementara itu, pengamat kebijakan Jakarta Saiful Jihad mengatakan sarana olahraga untuk warga harus menjadi prioritas. "Penataan Kali Karang itu positif dan bagus. Karena lahan kosong dan nganggur harus dimanfaatkan," ungkapnya.

Apalagi, kata Saiful, dalam penataan tersebut ada pemberdayaan UKM dan PKL binaan. "Kalau menolak ya artinya mereka sama saja membunuh nasib wong cilik," ucapnya.

Dia yakin Kali Karang menjadi sarana wisata warga. "Dulu itu di sana tempat sarang ular dan semak belukar. Kini jadi sarana olahraga ya bagus dong jadi jangan dipolitisir. Apalagi bisa menambah pendapatan daerah," tambahnya

tag: #pemprov-dki  #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...