Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 12 Des 2018 - 23:46:54 WIB
Bagikan Berita ini :

Utang BUMN Terus Membengkak Karena Salah Urus

13utang-bumn-rp-5217-triliun-dinilai-masih-aman.jpg.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Utang Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus membengkak. Saat ini utang perusahaan plat merah itu menembus Rp5.271 Triliun.

Mantan Sekretaris Meneg BUMN 2004-2012, Said Didu menyebut, utang tersebut akibat salah kelola dan campur tangan kekuasaan.

Menurut dia, untuk menghindari BUMN kolaps akibat beban utang yang sudah melebihi kemampuan membayar, perlu ada koreksi total terhadap pengelolaan BUMN.

Hal ini disampaikan Said dalam Diskusi Publik bertema "Selamatkan BUMN sebagai Benteng Ekonomi Nasional", Rabu (12/11/2018).

"BUMN itu milik negara, bukan badan milik penguasa. Seperti halnya Tentara Nasional Indonesia (RNI), itu bukan Tentara Penguasa Indonesia. Ini harus kita klirkan," katanya.

Dia kemudian menunjuk contoh penugasan pemerintah terhadap BUMN, yang membuat BUMN merugi.

PT Pertamina (Persero) yang harus menanggung beban akibat menjual BBM premium di bawah harga keekonomian. Pertamina pun harus menanggung nilai selisih dari harga keekonomisan.

Begiru juga PT PLN (Persero) yang juga terbebani keputusan pemerintah yang tidak memperbolehkan PLN menaikan tarif dasar listrik hingga tahun 2019.

Sementara di pihak lain, harga BBM dan batu bara terus beranjak naik. Keuangan perseroan akhirnya menanggung beban berat.

Walaupun belakangan pemerintah menetapkan DMO batub bara.

“Apabila ada penugasan kepada BUMN tidak ekonomis, pemerintah harusnya mengganti (dengan APBN). Nyatanya tidak, kerugian itu ditanggung oleh BUMN,” ungkapnya.

Dia mengingatkan apabila BUMN sudah mendapat intervensi untuk kepentingan politik, maka kehancuran perusahaan plat merah hanya tinggal menunggu waktu.

"Seperti yang terjadi saat ini, sebagian BUMN sudah terlilit utang besar," katanya.

Said mengemukakan berdasarkan data Kementerian BUMN saat rapat dengan Komisi VI DPR pada 3 Desember lalu, hingga akhir September 2018, total utang BUMN Indonesia mencapai Rp 5.271 Triliun.

Dari jumlah tersebut, sebesar Rp 3.311 triliun disumbang dari BUMN sektor keuangan, dengan komponen terbesarnya berupa dana pihak ketiga (DPK) perbankan yang mencapai 74% dari total utang. (Alf/bisnis.com)

tag: #bumn  #utang-pemerintah  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

KPU Undang Presiden Umumkan Pemenang Pilpres 2024

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri langsung penetapan pemenang Pilpres 2024. Rencanannya, acara tersebut ...
Berita

Kondisi Anaknya Sungguh Tragis di Tangan Mantan Suaminya, Lisa Tak Kuasa Membendung Airmata

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ini adalah suatu kisah pilu yang dituturkan oleh seorang ibu kandung bernama Lisa yang memiliki seorang putri berinsial GI, dan GI adalah putri keduanya yang telah ...