Berita
Oleh ferdiansyah pada hari Sabtu, 15 Des 2018 - 11:41:38 WIB
Bagikan Berita ini :

Pertanyaan Debat Capres Terbuka atau Tertutup? Ini Jawaban KPU

29images (67).jpeg.jpeg
Ketua KPU Arief Budiman (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Komisi Pemilu Umum (KPU) akan menggelar debat perdana capres/cawapres pada 17 Januari 2019. Namun, KPU belum memastikan pola pertanyaan bersifat tertutup atau terbuka.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman mengatakan, pertanyaan tertutup adalah pertanyaan yang tidak diketahui sebelumnya oleh capres dan cawapres. Pertanyaan ini diajukan pada saat debat dan harus dijawab pada saat itu juga.

"Yang tertutup itulah menguji kemampuan bertanya dan menjawab masing masing paslon," kata Arief di Jakarta, Sabtu (15/12/2018).

Sementara itu, pertanyaan terbuka adalah pertanyaan yang sudah diberitahukan kepada capres/cawapres beberapa waktu sebelumnya. Dengan demikian, paslon pilpres tinggal menjawab pada saat debat.

Menurut Arief, pertanyaan terbuka bertujuan memberikan kesempatan kepada paslon untuk memaparkan visi-misi.

"Justru kalau tidak diberi tahu, nanti malah pesan visi-misi mereka tidak sampai," kata Arief.

Untuk memutuskan pertanyaan bersifat terbuka atau tertutup, KPU akan melakukan rapat pada 19 Desember 2018. Rapat akan diikuti perwakilan masing-masing kandidat.

Selain jenis pertanyaan, rapat finalisasi juga akan membahas konsep debat secara keseluruhan, termasuk jumlah moderator. (plt)

tag: #kpu  #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ini Alasan Pembubaran PT NDK Menutup Kepentingan Pihak Lain

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Nusantara Dua Kawan atau yang disingkat NDK resmi bubar. Pembubaran perusahaan ini sebelumnya sempat ramai di demo oleh sekelompok orang dengan tuduhan dugaan NDK ...
Berita

Cak Imin Ungkap Nasib Anies di Pilkada 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menegaskan Anies Baswedan tidak berminat maju dalam Pilkada 2024. Cak Imin mengatakan pasangannya di Pilpres 2024 itu masih fokus ...