Berita
Oleh pamudji pada hari Minggu, 16 Des 2018 - 09:05:55 WIB
Bagikan Berita ini :

Diiringi Gemuruh, Gunung Soputan Sulut Meletus

43images (71).jpeg.jpeg
Gunung Soputan Sulawesi Utara (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Gunung Soputan di Sulawesi Utara (Sulut) pada Minggu pukul 03.09 WITA mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu teramati ± 3.000 meter di atas puncak gunung yang tingginya sekitar 4.809 meter di atas permukaan laut.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah tenggara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 40 mm dan durasi ± 5 menit 51 detik," kata Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dalam keterangan tertulis yang diterima Minggu (26/12/2018) pagi.

Dari Pos Pengamatan Gunung Api Soputan yang berada sekitar 10 kilometer di sebelah barat daya puncak, menurut PVMBG, terdengar suara gemuruh hingga saat ini dan seismograf masih merekam tremor menerus mengindikasikan bahwa erupsi masih berlangsung.

Saat ini Gunung Soputan dalam Status Level III (Siaga) dan PVMBG
mengimbau warga agar tidak beraktivitas di dalam radius empat kilometer dari puncak Gunung Soputan dan dalam wilayah sektor arah barat-baratdaya sejauh 6,5 kilometer.Kawasan ini merupakan daerah bukaan kawah guna menghindari ancaman leleran lava dan awan panas guguran.

PVMBG juga mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai kemungkinan adanya aliran lahar, terutama pada sungai-sungai yang berhulu di sekitar lereng gunung seperti Sungai Ranowangko, Sungai Lawian, Sungai Popang dan Londola Kelewahu.

"Jika terjadi hujan abu, masyarakat dianjurkan menggunakan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi terhadap gangguan saluran pernapasan," demikian PVMBG. (plt/ant)

tag: #bencana-alam  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...