Jakarta
Oleh Bara Ilyasa pada hari Kamis, 20 Des 2018 - 00:21:52 WIB
Bagikan Berita ini :

Gubernur Anies Bantu Pembangunan Sekolah Pasca Gempa Di Lombok Utara

14sd-rusak-akibat-gempa-antarafoto_ratio-16x9.jpg.jpg
Warga membantu memindahkan buku-buku dari bangunan SDN 2 Kekait yang rusak akibat gempa di Gunungsari, Lombok Barat, NTB, Minggu (12/8/2018). (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menerima kunjungan Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar, di Balaikota Jakarta, Rabu (19/12/2018).

Selain bersilaturahmi, pertemuan ini membahas mengenai bantuan keuangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang diberikan kepada Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk penanggulangan bencana pasca gempa bumi di Lombok.

Pemprov DKI Jakarta mengalokasikan Bantuan Keuangan (Bankeu) yang bersumber dari anggaran ABPD-P Tahun Anggaran 2018 untuk Pemerintah Kabupaten Lombok Utara sebesar 19,2 milyar rupiah.

Anggaran tersebut diperuntukkan bagi pembangunan infrastuktur SD dan SMP yang rusak terdampak gempa. Sebanyak 21 Sekolah akan dibangun kembali di Kabupaten Lombok Utara dengan menggunakan dana bantuan tersebut.

“Saya atas nama Pemprov DKI Jakarta dan seluruh warga Jakarta akan terus mendoakan kepada seluruh warga Lombok Utara agar tetap semangat dan semoga bisa kembali segera berkegiatan seperti biasa. Diharapkan, 21 sekolah yang dibangun atas bantuan Pemprov DKI Jakarta itu bisa segera selesai, sehingga anak-anak bisa segera sekolah lagi,” ucap Anies.

Selanjutnya, Kepala Biro Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta, Premi Lasari memaparkan, dasar pemberian bantuan keuangan ini adalah imbauan Menteri Dalam Negeri RI yang ditujukan kepada seluruh Gubernur di Indonesia untuk memberikan bantuan atas gempa bumi yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, melalui mekanisme Bantuan Keuangan (Bankeu).

Atas dasar imbauan tersebut, Pemkab Lombok Utara mengajukan Bankeu kepada Pemprov DKI Jakarta. Bankeu ini sudah dicairkan melaui KASDA Kabupaten lombok Utara.

Sementara itu, Bupati Lombok Utara turut mengapresiasi dan mengatakan 21 unit sekolah akan segera dibangun di Lombok Utara dengan dana yang diberikan oleh Pemprov DKI Jakarta.

“Terima kasih Pak Gubernur (Anies) dan seluruh warga Jakarta. Alhamdulillah pada saat kami menghadapi bencana ini diberikan bantuan yang cukup signifikan. Salam dari seluruh warga Lombok Utara. Mudah-mudahan Allah memberikan balasan yang terbaik,” tandas Najmul Akhyar.

Dalam kesempatan ini, turut dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Pemprov DKI Jakarta dengan Pemkab Lombok Utara tentang Bantuan Pembangunan Gedung beserta Fasilitas Pendukung Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tanjung Pasca Gempa Bumi.

Dana yang digunakan untuk melakukan pembangunan ini bersumber dari hasil penggalangan dana atau sumbangan ASN Pemprov DKI Jakarta, yang telah terhimpun sebesar 4,4 milyar rupiah. (Alf)

tag: #anies-baswedan  #pemprov-dki  #gempa-bumi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...