Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 26 Des 2018 - 13:32:38 WIB
Bagikan Berita ini :

DPR Sebut Mitigasi Bencana di Indonesia Lemah

36sodik.jpg
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Sodik Mudjahid (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Wakil Komisi VIII DPR RI Sodik Mudjahid akui porsi dana penanganan bencana oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana disebut lebih besar ke penanganan pasca bencana, bukan pencegahan.

"Selama ini dana terbesar untuk tanggap darurat, atau kalau sudah terjadi bencana," kata Sodik ketika dihubungi, Rabu (26/12/2018).

Sodik mengatakan, lemahnya mitigasi bencana alam di Indonesia selama ini belum jadikan mitigasi sebagai prioritas.

Sementara, dirinya menjelaskan, fraksinya yakni Fraksi Partai Gerindra di Komisi VIII mendesak kerangka baru dalam penanganan bencana di Indonesia. Yakni membangun masyarakat yang tanggap bencana dan sistem peringatan dini yang kuat.

"Paradigma baru membangun sistem dan masyarakat waspada bencana melalui penguatan mitigasi dicirikan oleh, penggunaan teknologi deteksi dini yang modern dan memadai jumlahnya di Indonesia," ujar dia.

Kemudian yang selanjutnya penting menurut dia adalah edukasi masyarakat agar paham, waspada dan tangguh menghadapi bencana secara masif dan sistematis. Termasuk edukasi terkait pengaturan tata ruang dan konstruksi bangunan.

"Pengaturan tata ruang, penggunaan lahan yang aman fungsional dan cegah kerusakan lingkungan. Dan pemakaian konstruksi bangunan yang tahan bencana," pungkasnya. (ahm)

tag: #dpr  #tsunami  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...