Berita
Oleh ferdiansyah pada hari Rabu, 26 Des 2018 - 19:44:31 WIB
Bagikan Berita ini :

Fahri Sarankan Topik Bencana Jadi Materi Debat Capres

95images (97).jpeg.jpeg
Puing-puing bangunan setelah diterjang tsunami Selat Sunda, Sabtu (22/12/2018) malam (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, menyarankan salah satu materi debat calon presiden dan calon wakil presiden memasukan materi terkait dengan pandangan masing-masing pasangan calon mengenai penanganan bencana.

"Calon presiden harus punya proposal yang memadai untuk menghadapi bencana ini dan harus menjadi bahan perdebatan bagi para calon presiden," kata dia, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (26/12/2018)

Ia menilai langkah konkret menghadapi bencana alam jangan sekadar basa-basi dan janji yang tidak dipenuhi. Namun, harus dipenuhi untuk menjamin keselamatan bangsa Indonesia.

Menurut dia, amanah dari pembukaan UUD 1945 yang utama adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.

"Menempatkan teknologi pemantauan dan mitigasi bencana di Indonesia adalah sesuatu yang sangat mutlak dan darurat. Itu pertama yang saya katakan sebagai pandangan terakhir tentang bagaimana cara mengatasi bencana," ujarnya.

Selain itu, dia juga menyoroti sistem mitigasi bencana dan peralatan peringatan dini tsunami yang dimiliki Indonesia.

Menurut dia, kemungkinan peralatan yang dimiliki Indonesia, teknologinya sudah tidak mampu melakukan pemantauan menyeluruh karena letaknya yang terputus-putus.

"Karena dari hampir 200 pusat pemantauan, saya mendengar hanya 50 lebih yang masih aktif, yang lain itu sudah tidak aktif lagi. Padahal, sebenarnya tema mitigasi bencana itu harus menguat sebelum terjadinya peristiwa itu sendiri," katanya.

Hal itu, kata dia, beralasan karena sejumlah bencana alam besar telah menerpa Indonesia sepanjang 2018, seperti gempa Bumi di Pulau Lombok, NTB pada bulan Agustus 2018, gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng) pada bulan September 2018, dan bencana tsunami di Selat Sunda yang menerjang Banten dan Lampung pada tanggal 22 Desember 2018.

Setelah UU Nomor 21/2013 tentang Keantariksaan yang disampaikan pemerintah pada era Presiden Susilo Yudhoyono disahkan, kata dia, Indonesia berkemungkinan mengembangkan teknologi antariksa untuk melakukan mitigasi bencana.

"Di antaranya dalam bentuk mengembangkan satelit yang memantau pergerakan kerak bumi maupun aktivitas gunung berapi secara lebih masif dan komprehensif," katanya.

Kedua, lanjut dia, aneh ketika bencana terjadi berturut-turut dan begitu besar akibat kelalaian melakukan mitigasi dan sistem peringatan dini kepada rakyat, tidak ada satu pun lembaga yang memiliki kapasitas bertanggung jawab atas keseluruhan masalah yang ditimbulkannya.

"Padahal, seharusnya ada lembaga yang bertanggung jawab dan ada orang yang harusnya dihukum karena kegagalan dalam melakukan tugas mitigasi dan sistem peringatan dini," ujarnya.

Ketiga, katanya lagi, pemerintah harus bertanggung jawab apa proposalnya yang dilakukan sehingga itu tidak jalan.

Menurut dia, terutama di Indonesia yang jelas-jelas daerah "ring of fire" dan memiliki peluang bencana yang sangat besar. Kalau tidak punya alat yang memadai, bencana bisa mengintai.

Ia pernah mengusulkan adanya satelit yang memantau perjalanan kerak bumi karena satelit untuk memantau penebangan kayu saja ada untuk memantau deforestasi.

Sebelumnya, KPU bersama partai politik telah menyepakati jadwal debat Pemilu 2019 sebanyak lima kali yang seluruhnya digelar di Jakarta.

Debat rencananya dilakukan pada tanggal 17 Januari 2019, 17 Februari, 17 Maret, 30 Maret, dan debat terakhir belum ditentukan tanggalnya karena KPU dan tim kampanye masih akan mengecek jadwal masing-masing pasangan calon. (plt)

tag: #tsunami  #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement