Berita
Oleh mandra pradipta pada hari Kamis, 27 Des 2018 - 12:47:24 WIB
Bagikan Berita ini :

Anggaran Penanggulangan Bencana Kecil, DPR Ogah Dikambinghitamkan

98o7DPkz0mu3.jpg.jpg
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Komisi VIII DPR enggan disalahkan atau dikambinghitamkan atas rendahnya anggaran penanggulangan bencana yang dikeluhkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily mengatakan, saat ini dana siap pakai (DSP) sebesar Rp 6,5 triliun untuk rekonstruksi dan rehabilitasi ada di Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Ace menilai kurang tepat bila Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengeluhkan anggaran tahun 2019 lembaganya yang terlalu kecil.

"Jadi sebetulnya soal anggaran mitigasi itu dikembalikan kepada komitmen Pemerintah sendiri," kata Ace di Jakarta, Kamis (27/12/2018).

Politisi Golkar ini mengaku, Komisi VIII DPR RI tidak pernah ada maksud untuk mengetok anggaran BNPB pada tahun 2019 sebesar Rp 600 miliar.

Sebab, pagu anggaran mitigasi bencana yang merancang adalah Pemerintah, dan bukan DPR RI.

"Kami komisi VIII dari sejak mendukung anggaran mitigasi bencana, terutama upaya early warning system kebencanaan," tuturnya.

Diketahui, Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, anggaran BNPB pada tahun 2019 sebesar Rp 600 miliar terlalu kecil.

Bahkan, Sutopo menyebut anggaran BNPB dari tahun ke tahun semakin menurun. Untuk tahun 2018, sambung Sutopo, BNPB mendapatkan anggaran sekitar Rp 700 miliar. (plt)

tag: #bencana-alam  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

KPU Undang Presiden Umumkan Pemenang Pilpres 2024

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri langsung penetapan pemenang Pilpres 2024. Rencanannya, acara tersebut ...
Berita

Kondisi Anaknya Sungguh Tragis di Tangan Mantan Suaminya, Lisa Tak Kuasa Membendung Airmata

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ini adalah suatu kisah pilu yang dituturkan oleh seorang ibu kandung bernama Lisa yang memiliki seorang putri berinsial GI, dan GI adalah putri keduanya yang telah ...