Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 31 Des 2018 - 12:47:28 WIB
Bagikan Berita ini :

Demokrat: Tes Baca Al-Quran Capres Tak Perlu Dilakukan

83Bendera-Partai-Demokrat.jpg.jpg
Ilustrasi Partai Demokrat (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kadiv Advokasi dan Hukum DPP Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean menilai tes baca Al-Quran untuk Capres-Cawapres belum perlu dilakukan.

Alasannya, pada kontestasi lima tahunan ini bangsa Indonesia sedang mencari pemimpin nasional, bukan pemimpin syariah.

"Tapi kita harus melihat bahwa Capres bukan pemimpin negara syariah. Kita sedang mencari pemimpin nasional, seorang presiden yang memimpin kemajemukan," kata Ferdinand saat dihubungi, Senin (31/12/2018).

Dirinya juga menyampaikan bangsa Indonesia negara berideologi pancasila, yang menyatukan berbagai macam keberagaman dan kemajemukan. Sehingga, kata dia, tidak diperlukan tes Al-Quran.

"Karena yang kita butuhkan pemimpin yang adil, makmur membawa masyarakat kita sejahtera. Tidak hanya sekadar baca Al-Quran," kata Ferdinand.

Menurut dia, tidak ada aturan formil untuk Capres dan Cawapres untuk bisa membaca Al-Quran. Hal ini berbeda dengan pemerintah di Aceh yang berjalan dengan sistem syariah, dimana setiap pemimpinnya harus mampu membaca Al-Quran dan mengaji.

Sehingga, lanjutnya, negara republik Indonesia memberi keistimewaan itu untuk Aceh. Tapi tidak boleh mengadopsi seluruh yang ada di Aceh menjadi berlaku nasional.

"Nanti justru toleransi di negara kita menjadi berantakan, menjadi kacau. Ini harus dipahami betul," katanya.

Kendati demikian dirinya menghormati usulan dai Aceh untuk tes Al-Quran. Tapi itu tidak bisa diterapkan untuk Capres-Cawapres.

"Cari presiden yang mampu memimpin kemajemukan dan membawa masyarakat kita adil, makmur, sejahtera. Intinya seperti itu. Jadi apa yang diusulkan oleh dai Aceh itu tidak bisa diberlakukan untuk Capres-Cawapres kita," ucap Ferdinand. (Alf)

tag: #partai-demokrat  #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...