Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Jumat, 04 Jan 2019 - 16:45:35 WIB
Bagikan Berita ini :

Mahasiswa Indonesia Diduga 'Kerja Paksa' di Taiwan, DPR: Merendahkan Martabat Indonesia

4600238179.jpg.jpg
Ilustrasi mahasiswa korban kerja paksa di Taiwan (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi menyoroti kabar bahwa ratusan mahasiswa Indonesia dijadikan pekerja paksa di Taiwan.

Kejadian yang diduga dilakuna Taipei Economic and Trade Office Indonesia (TETO) tersebut, menurut Bobby, sangat merendahkan martabat Indonesia.

"Bila memang ternyata benar, 320 mahasiswa kita yang dikirim atas kerjasama RI dengan TETO, dipaksa kerja dari Minggu sampai Rabu dari jam 7 sampai 19.30, artinya Taiwan 'merendahkan' martabat RI," kata Bobby, Jakarta, Jumat (4/1/2019).

Seharusnya, kata dia, pihak TETO yang juga berperan sebagai kantorperwakilan pemerintah Taiwandi Indonesia berterimakasih kepada Indonesia. Pasalnya, secara diplomatik pemerintah Indonesia dan Taiwan tak mempuyai hubungan kerjasama.

"Sudah bagus RI yang secara resmi tidak punya hubungan diplomatik dengan Taiwan, masih mau bersahabat, kok ini malah dilecehkan," sesal Bobby.

Karena itu, Bobby meminta pemerintah Indonesia mengevaluasi menyeluruh kerjasama Pendidikan dengan Taiwan. Dia tidak mau peristiwa serupa terulang kembali.

Ketua DPP Partai Golkar ini pun mengapresiasi langkah cepat Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) yang sudah bergerak cepat mengecek informasi itu.

"Informasi yang kami terima bahwa Kemenlu sudah bergerak cepat, menyetop rekrut mahasiswa magang, dan Kemenristek Dikti juga mengevaluasi apakah 300 mahasiswa itu masuk program TETO yang harusnya bisa di monitor Kemenristek dikti," katanya. (Alf)

tag: #komisi-i  #dpr  #kemenlu  #kemenristekdikti  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

KPU Undang Presiden Umumkan Pemenang Pilpres 2024

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri langsung penetapan pemenang Pilpres 2024. Rencanannya, acara tersebut ...
Berita

Kondisi Anaknya Sungguh Tragis di Tangan Mantan Suaminya, Lisa Tak Kuasa Membendung Airmata

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ini adalah suatu kisah pilu yang dituturkan oleh seorang ibu kandung bernama Lisa yang memiliki seorang putri berinsial GI, dan GI adalah putri keduanya yang telah ...