Bisnis

Bertahap, AP II Terus Kembangkan BJBS

Oleh Ahmad Syaikh pada hari Sabtu, 05 Jan 2019 - 20:58:42 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

76Miniatur BJBS 1.jpg.jpg

Miniatur Bandara Udara Jendral Besar Sudirman (Istimewa) (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- PT Angkasa Pura (AP) II kembali melanjutkan pengembangan Bandar Udara Jenderal Besar Soedirman (BJBS) yang berada di Desa Wirasaba, 11 km dari Kota Purbalingga, Jawa Tengah.

"Sesuai dengan yang disampaikan Bapak Presiden Joko Widodo Maret lalu, awal 2019 ini pembangunan tahap awal sudah bisa dimulai. Semua akan dikerjakan secara simultan selama 18-20 bulan," kata Direktur AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (5/1/20190.

Ya, pengembangan BJBS meliputi pembangunan landasan (runway) sepanjang 1.600 meter dengan lebar 30 meter, pembangunan terminal penumpang baru, area parkir dan pengembangan terminal kargo.

Dengan peningkatan fasilitas sisi udara dan darat serta pengembangan infrastruktur bandara, diharapkan pesawat berbadan besar seperti jenis C-212 dapat mendarat di BJBS.

"Untuk saat ini, baru pesawat jenis C-212 yang kita rencanakan dapat mendarat. Ke depannya, sudah bisa didarati pesawat Airbus 320 Neo dan Boeing 737 Max 8," jelasnya.

Awaluddin juga berharap, dengan perbaikan yang dilakukan akan membuat pesawat komersial yang mendarat di BJBS semakin meningkat.

"Mudah-mudahan pada 2020 sudah selesai pengembangan tahap I. Mulai dari sisi darat hingga sisi udaranya," ujarnya.

AP II juga memproyeksikan pergerakan penumpang di BJBS bertambah dari 98 ribu menjadi 500 ribu penumpang per tahun dengan pergerakan pesawat yang mencapai lebih dari 4.500 pergerakan. Selain itu pergerakan kargo juga diprediksi akan mencapai lebih dari 2.000 ton per tahun. (ahm)

tag: #  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement