Bisnis

Impor Jagung Ditambah, Ini Alasan Menko Darmin

Oleh Ahmad Syaikh pada hari Rabu, 09 Jan 2019 - 14:36:37 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

1Darmin Nasution.jpg.jpg

Menko Perekonomian, Darmin Nasution (Istimewa) (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan izin impor jagung ditambah 30 ribu ton pada Februari 2019 untuk menjaga pasokan dan mencegah kenaikan harga komoditas tersebut.

Menurut Darmin, masa panen jagung baru berlangsung pada Maret dan April 2019, karenanya pemerintah memutuskan menerbitkan izin impor untuk menjaga ketersediaan jagung pada awal tahun ini.

"Masih ada kekosongan dan harga belum turun sehingga (peternak ayam) petelor masih kesulitan," kata Darmin di kantornya di Jakarta, Rabu (9/1/2019).

Dalam kebijakan pengendalian harga pangan, jagung menjadi salah satu perhatian pemerintah lantaran kenaikan harga jagung akan berdampak pada kenaikan harga pakan ternak dan ujung-ujungnya akan berimbas pada kenaikan harga komoditas lainnya.

Sementara itu, hingga Desember 2018, impor jagung telah mencapai 70 ribu ton, 30 ribu ton akan masuk pada minggu ketiga Januari 2019. Dengan demikian, hingga pertengahan Februari nanti maka jumlah impor jagung secara keseluruhan mencapai 130 ribu ton. (ahm)

tag: #  

Bagikan Berita ini :