Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Selasa, 15 Jan 2019 - 18:09:36 WIB
Bagikan Berita ini :

Herman Khaeron: Debat Pilpres Sarana Pendidikan Politik Masyarakat

71Jokowi-Ma
Jokowi-Ma'ruf Vs Prabowo-Sandi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Ketua Komisi II DPR RI Herman Khaeron mengatakan, debat kandidat Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden periode 2019-2024 pertama akan dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada tanggal 17 Januari 2019 mendatang.

Momentum ini merupakan ajang penilaian rakyat dari sisi profesionalitas, wawasan, nasionalisme dan sisi lain yang menjamin paslon tersebut ke depan betul-betul mampu membawa Indonesia lebih maju.

"Sarana debat ini tentu juga untuk bisa membangkitkan rasa ingin tahu serta pendidikan politik bagi masyarakat. Rasanya nanti ini akan menjadi sesuatu yang positif di masyarakat," kata Herman di Jakarta, Selasa (15/1/2019).

Beberapa dinamika seputaran debat ini diantaranya materi soal yang sudah diberitahukan kepada para kandidat, menurutnya hal tersebut harus dibatasi dan tidak perlu secara detail dan menyeluruh disampaikan kepada kandidat.

"Oleh karenanya, menurut saya bagaimana pengembangan dan uraian yang lebih komprehensif dari debat tersebut, sehingga akan memperlihatkan bagaimana daya nalar, daya tangkap, kemudian daya jawab dari kandidat ini meyakinkan publik bahwa inilah sesungguhnya presiden yang tepat untuk memimpin Indonesia ke depan," terang Herman.

KPU telah mengagendakan debat pasangan capres dan cawapres berlangsung sebanyak lima kali. Herman mengajak lapisan masyarakat untuk mendukung dan mengikuti pelaksanaan debat serta tahapannya, karena ini merupakan salah satu proses demokrasi yang harus dilalui.

Ketua DPP Partai Demokrat berpendapat saat ini masih banyak masyarakat yang apriori terhadap pemilu ini, baik pemilu presiden maupun pemilu legislatif.

Mereka menganggap tidak penting dan tidak terlalu krusial, padahal pemilu adalah sebuah mesin politik yang akan menghasilkan pimpinan negeri baik di legislatif maupun di eksekutif.

"Proses ini harus betul-betul diwujudkan dalam sebuah tahapan yang menjamin mesin politik berjalan dengan baik. Sehingga mesin politik ini betul-betul menghasilkan para pimpinan yang memang bisa membawa negeri ini lebih baik lagi," tuturnya. (ahm)

tag: #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...