Opini
Oleh Tony Rosyid (Pengamat Politik dan Pemerhati Bangsa) pada hari Sabtu, 19 Jan 2019 - 12:09:52 WIB
Bagikan Berita ini :

Bebaskan Baasyir, Jokowi Telat

92abu-bakar-baasyir-biografi-web-2.jpg.jpg
Ustadz Abu Bakar Baasyir (Sumber foto : ist)

Abu Bakar Baasyir bebas. Siapa yang bebasin? Jokowi. Yusril yang mengurusnya. Jokowi dan Yusril ingin ambil poin disini. Su'udhan? Tidak! Ini murni analisis politik.

Baasyir dibebasin oleh politisi di tahun politik. Kalau bukan bertujuan politik, lalu apa? Hanya orang "lugu" yang tidak memaknainya sebagai langkah politik.

Ada dua tujuan bebaskan Baasyir. Pertama, membangun image bahwa Jokowi pro Umat Islam. Telat! Kenapa? Harusnya Baasyir sudah bebas bersyarat di 23 Desember 2018. 2/3 masa penahanan sudah dilewati, setelah seringkali dapat remisi dan amnesti. Itu keterangan Mahendradatta dan Achmad Michdan, dua pengacara Baasyir.

Bebaskan Baasyir justru kontraproduktif bagi Jokowi. Rakyat, khususnya Umat Islam akan bertanya, kenapa hak Baasyir untuk keluar tidak diberikan? Apalagi setelah berulangkali diajukan karena alasan usia dan sakit. Alih-alih jadi malaikat penyelamat, justru Jokowi akan dianggap menanggung dosa atas telatnya Baasyir dibebaskan.

Kedua, Baasyir dibebaskan jelang pilpres. Persis sehari setelah debat. Situasinya, rakyat sedang fokus perhatiannya ke pilpres. Maka, respon publik terhadap keluarnya Baasyir akan _connected_ dengan pilpres. Dan betul, hampir semua media menaikkan berita bebasnya Baasyir. Tapi, apakah akan merubah image dan menganulir persepsi bahwa Jokowi rival "Umat"? Rasa-rasanya tidak.

Seandainya Jokowi bebaskan Baasyir sebelum hiruk pikuk pilpres, tentu ceritanya akan lain. Cakep lagi kalau tidak cuma Baasyir, tapi juga sejumlah narapidana yang "dipertanyakan" dakwaan terorisnya, dibebaskan. Timing dan momennya lebih tepat. Jokowi akan dapat poin.

Saat itu, memang belum ada sosok Yusril. Apakah pembebasan Baasyir ini bagian dari strategi Yusril? Pura-pura merapat ke Jokowi, lalu bebaskan Baasyir? Bisa juga. Gak ada yang tak mungkin. Kalau benar, ini bisa jadi poin buat Yusril. Sayangnya, umat sudah mulai apatis dengan Yusril. Maka, seandainya ada poin buat Yusril, baru akan disadari Umat dalam jangka panjang. Itupun seandainya ada. Masih perlu dibuktikan di kemudian hari. Yang pasti, poin itu ada untuk Yusril setelah pilpres. Mungkin juga setelah PBB tidak ada lagi, karena suaranya tak mampu melewati batas minimal parliamentary Threshold, yaitu 4%. Berharap bisa capai 4% bagi PBB memang agak ngigau. Apalagi setelah Yusril nyebrang dari habitatnya.

Soal strategi, Jokowi seringkali kurang taktis. Terutama dalam mengambil hati -dan berinteraksi dengan- Umat Islam. Persekusi, bom molotov, ketimpangan hukum, kriminalisasi, penganiayaan aktifis muslim, sudah sedemikian melekat di alam bawah sadar umat. Inilah yang menyebabkan tagar #2019GantiPresiden dan ABJ (Asal Bukan Jokowi) lahir. Karena itu, tak mudah dihapus dari memori umat.

Semangat untuk ganti presiden begitu kuat tumbuh dalam bentuk perlawanan politik. Buktinya, survei ganti presiden selalu lebih tinggi dari tetap Jokowi presiden.

Benih-benih perlawanan ini bisa dilihat di Pilgub Jateng dan Jabar. Meski calon umat kalah karena faktor Paslon yang kurang populer dan logistik yang terlalu cekak. Tapi, perlawanan itu betul-betul menghantui incumben.

Bagaimana di pilpres? Ketika Prabowo muncul, sebagian rakyat menahan diri. Sebagian lagi ada yang ragu. Makanya, jumlah swing voter besar. Sekitar 35%. Kemana swing voter ini?

Petanya, rakyat banyak kecewa terhadap Jokowi, tapi belum terlalu sreg kepada Prabowo. Survei tidak bisa memotret arah politik mereka. Ini terlihat di Pilgub Jateng dan Jabar. Elektabilitas Sudirman Said selalu di bawah 30% dalam survei. Kenyataannya? 41%. Begitu juga Sudrajat. Malah di bawah 10% dalam survei. Kenyataannya? 28%. Dari mana suara itu? Pertama, lembaga survei seringkali ngaco. Jadi alat propaganda. Dibayar mahal untuk itu. Kedua, swing voter lari ke Sudirman Said dan Sudrajat. Karena mereka kecewa terhadap Paslon dari penguasa.

Bagaimana dengan pilpres? Sepertinya tak akan jauh dari Pilgub Jateng dan Jabar. Swing voter agak sulit ke Jokowi. Meski dengan terpaksa, mereka lebih banyak akan pilih Prabowo. Jika analisis ini benar, maka Prabowo-Sandi pemenangnya. Asal, Prabowo-Sandi bisa jaga diri dari sikap dan langkah blunder.

Elektabilitas Prabowo-Sandi terus naik dan merapat. Sementara Jokowi-Ma'ruf lebih sering melakukan blunder. Jokowi suka main gebuk, Ma'ruf Amin sering berkata kasar.

Variabel yang lain adalah debat. Debat berpengaruh terhadap suara pemilih. Dan peluang Prabowo-Sandi dalam debat lebih besar untuk merebut hati rakyat. Dengan catatan, harus menyerang dan lebih tajam dengan data-data yang akurat.

Sebagai incumben, terlalu banyak kelemahan dari Jokowi, terutama janji politik, masalah ekonomi dan persoalan hukum. Ini celah terbuka yang bisa dimanfaatkan oleh Prabowo-Sandi.

Dalam situasi sekarang ini, Jokowi perlu kerja lebih keras lagi dan lebih taktis. Perlu langkah-langkah besar. Tapi langkah yang tidak melanggar hukum dan aturan, serta tidak manipulasi. Bukan pula pencitraan. Jika hanya mengandalkan model kampanye biasa, maka sulit bagi Jokowi menutupi kekurangannya dan keluar dari image sebagai rival rakyat.

Apa yang dilakukan Jokowi dengan membebaskan Baasyir itu langkah biasa, bukan luar biasa. Tidak spektakuler. Tidak akan menambah poin. Apalagi dilakukan di waktu yang tidak tepat, karena terlalu telat.

Jakarta, 19/1/2019

Disclaimer : Rubrik Opini adalah media masyarakat dalam menyampaikan tulisannya. Setiap Opini di kanal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis dan teropongsenayan.com terbebas dari segala macam bentuk tuntutan. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai dengan undang-undang pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini. Redaksi teropongsenayan.com akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang sebagai bagian dari hak jawab.

tag: #jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Opini Lainnya
Opini

In Prabowo We Trust" dan Nasib Bangsa Ke Depan

Oleh Syahganda Nainggolan
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Susilo Bambang Yudhoyono dalam pidatonya kemarin di acara berbuka puasa bersama, "Partai Demokrat bersama Presiden Terpilih", tanpa Gibran hadir, kemarin, ...
Opini

MK Segera saja Bertaubat, Bela Rakyat atau Bubar jalan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) segera bertaubat. Mumpung ini bulan Ramadhan. Segera mensucikan diri dari putusan-putusan nya yang menciderai keadilan masyarakat.  Di ...