Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 05 Feb 2019 - 04:15:03 WIB
Bagikan Berita ini :

2 Bulan Jelang Pencoblosan, Jimly Minta Kedua Kubu Kampanye Positif

tscom_news_photo_1549314903.jpg
Ketua Umum ICMI, Prof. Jimly Asshiddiqie. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI), Jimly Asshiddiqie meyakini gelaran Pemilu serentak 2019, baik Pileg maupun Pilpres akan berjalan lancar.

Namun, Jimly tak memungkiri, sekitar dua bulan jelang pencoblosan Pilpres, kedua kubu sering terlibat kampanye negatif bahkan menyebarkanhoaks.

Hal tersebut, menurut Jimly diperparah dengan adanya media sosial, dimana informasi mudah tersebar dan membuat suasana semakin gaduh.

"Kita meyakini bahwa saat ini sudah ada kedewasaan berpolitik, sehingga segala bentukhoaksmaupun kampanye negatif tidak akan efektif lagi mempengaruhi suasana masyarakat," kata Jimly dalam dialog dengan media di Kantor Sekretariat ICMI, Senin (4/2/2019).

Karena itu, Jimly berharap, di era digital ini kedua kubu jangan terlampau sensitif terhadap informasi, apalagi menyebarkan informasi yang belum valid kebenarannya.

"Pokoknya masing-masing kubu cukup kampanye positif saja tentang Capres-Cawapresnya, sehingga tak terpancing dalam sikap defensif lalu menyerang pihak lain," ujar Jimly.

Mantan Ketua MK ini juga meminta masyarakat tak perlu khawatir atau takut berlebihan dua bulan jelang pencobolosan yang akan berlangsung 17 April mendatang. Jimly yakin, kontestasi lima tahunan akan berjalan aman dan damai.

Jimly mengungkapkan, Pemilu yang lebih gawat pernah terjadi sebelumnya di Indonesia, yakni pada Pemilu tahun 1999 dimana pemerintah dunia mengirimkan tim independen untuk mengawasi Indonesia.

"Indonesia sukses melewati masa itu meski diramalkan akan menjadi Pemilu yang berdarah-darah dan memakan korban," kenang KetuaDewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) 2012-2017 itu. (Alf)

tag: #jimlyasshiddiqie  #pemilu-2019  #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...