Jakarta
Oleh Bara Ilyasa pada hari Selasa, 05 Feb 2019 - 15:05:15 WIB
Bagikan Berita ini :

Hadiri Perayaan Imlek 2570, Anies Tekankan Pesan Persatuan

tscom_news_photo_1549353915.jpg
Gubernur Anies Baswedan (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut menghadiri perayaan Tahun Baru Imlek 2570 di Vihara Dharma Bakti Jakarta, Petak Sembilan, Grogol, Jakarta Barat, pada Selasa (5/2/2019). Bersama kedua anaknya, Mikail dan Ismail, Anies turut menyapa warga dan berkeliling meninjau langsung Vihara tertua di Jakarta tersebut.

"Hari ini saya hadir kembali di Vihara Dharma Bakti. Ini adalah salah satu Vihara tertua di Indonesia. Berdiri 1650-an. Dan di tempat inilah salah satu pusat perayaan Tahun Baru Imlek. Kami atas nama Pemprov DKI Jakarta dan warga Jakarta ingin menyampaikan ucapan selamat tahun baru, Gong Xi Fa Cai. Semoga tahun baru ini membawa keberkahan. Membawa kesuksesan kepada semuanya. Saya dan anak-anak rutin datang ke sini setiap tahun. Jadi, ini sudah lima tahun berturut-turut datang ke Vihara ini," ujar Anies.

Anies juga turut melepaskan belasan ekor burung yang menjadi bagian dari tradisi perayaan Imlek. Pelepasan burung-burung tersebut bermakna kebebasan dan harapan yang tinggi atas peningkatan kesejahteraan di wilayah Jakarta. Gubernur Anies sendiri memaknai peristiwa tersebut sebagai kebebasan dari kungkungan permasalahan menuju kesuksesan.

"Tadi peristiwa simbolik yang mudah-mudahan ini juga yang dirasakan oleh berbagai kelompok masyarakat di Jakarta khususnya. Ini menjadi kesempatan bagi kita sebagai warga Jakarta untuk menguatkan persatuan. Karena itulah yang menjadi modal kebersamaan di Ibu Kota dan Indonesia. Semangat persatuan inilah yang harus kita jaga terus-menerus," ucap Anies.

Anies pun memastikan proses revitalisasi Vihara akan terus berjalan dan mendapat dukungan dari Pemprov DKI Jakarta. Seperti diketahui, Vihara Dharma Bakti mengalami kebakaran pada 2 Maret 2015. Vihara ini juga merupakan bagian dari cagar budaya Jakarta yang menyerap wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Kita juga berharap Vihara Dharma Bakti ini segera bisa tuntas renovasinya. Kita dari Pemprov DKI Jakarta akan mendukung. Karena kebakaran yang terjadi merupakan peristiwa yang bisa dibilang musibah besar bagi perjalanan kebudayaan. Mudah-mudahan bisa tuntas segera," harap Anies.

Melihat antusiasme warga serta turis yang berdatangan baik lokal maupun mancanegara, Gubernur Anies juga berharap kawasan Vihara Dhama Bakti mampu memberikan pengalaman yang berkesan bagi setiap pengunjung yang turut merasakan keberkahan dari perayaan Tahun Baru Imlek.

"Kita berharap di tempat ini lebih rapi, lebih tertib, sehingga pengalaman mendatangi Vihara Dharma Bakti ini menjadi pengalaman yang berkesan bagi semuanya. Ya kegiatan keagamaannya, ya kegiatan pariwisata, ya kegiatan sosial, ya kegiatan ekonomi. Semuanya terkumpul, termasuk budaya di kawasan Petak Sembilan ini. Ini merupakan salah satu kawasan paling tua sebetulnya di Jakarta. Kita harus rawat sama-sama. Dan saya berharap di tempat ini nantinya akan maju dan berkembang," tutup mantan Menteri Pendidikan itu. (Alf)

tag: #anies-baswedan  #pemprov-dki  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...