Berita
Oleh ferdiansyah pada hari Senin, 11 Feb 2019 - 16:11:53 WIB
Bagikan Berita ini :

Haedar Ajak Kaum Intelektual Beri Pencerahan pada Kalangan 'Sumbu Pendek'

tscom_news_photo_1549876313.jpeg
Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir. (Sumber foto : Ist)

YOGYAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir meminta kalangan intelektual tidak berdiam diri jelang pemungutan suara Pilpres 2019.

Menurutnya, saat ini banyak masyarakat yang cenderung bersumbu pendek dalam menerima informasi.

Dia mengimbau kaum terdidik di kampus-kampus menjadi pencerah dengan memberikan pemahaman yang utuh kepada masyarakat bawah, terkait kondisi bangsa yang sebenarnya.

"Sangat (dibutuhkan). Jadi peran intelektual itu ya sebagai pencerah. Kalau dalam bahasa agama disebut sebagai ar rasikhuna fil ilmi, sebagai pencerah," kata Haedar di kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Senin (11/2/2019).

"Di saat masyarakat berpikir sumbu pendek. Ya tugas intelektual, tugas ilmuwan itu memberi perspektif kayak gini lho politik itu, politik ini sebenernya menjadi alat demokrasi yang baik buat kita berbangsa dan bernegara, bukan alat untuk perang dan permusuhan," lanjutnya.

Haedar memandang, kalangan intelektual saat ini masih banyak yang memilih bungkam. Sementara kaum intelektual yang bersuara lantang adalah mereka yang bergabung di salah satu timses capres-cawapres 2019.

"Maka saya imbau kaum intelektual itu harus tetap menjadi kekuatan yang mencerahkan akal budi masyarakat. Jadi dari UGM, dari UI, ITB, perguruan tinggi Muhammadiyah ayo bangkit kaum intelektual," tuturnya.

"Maka mereka yang sekarang ada di kampus-kampus, di lab, dan berada di menara gading saya imbau untuk mari turun gunung mencerahkan masyarakat. Agar suasana berpolitik itu gembira, riang," pungkas Haedar. (Alf)

tag: #muhammadiyah  #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ketua Fraksi PKS Soal Serangan Iran: Israel Biang Kerok Konflik dan Instabilitas Dunia

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 16 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyesalkan eskalasi konflik Timur Tengah yang memanas akibat serangan drone-drone dan rudal balistik Iran ke wilayah (pendudukan) Israel. ...
Berita

Arus Balik Lebaran, KAI Catat 47 Ribu Orang Masuk Jakarta

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat jumlah penumpang yang masuk Jakarta pada arus balik Lebaran hari ini, Senin (15/4/2024), mencapai 47.613 orang. Angka ini meningkat ...