Jakarta
Oleh Mandra Pradipta pada hari Selasa, 12 Feb 2019 - 11:53:33 WIB
Bagikan Berita ini :

Okky Dukung Anies Ambil Alih Pengelolaan Air di Jakarta 

tscom_news_photo_1549947213.jpeg
Anggota Komisi IX DPR RI Okky Asokawati (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota Komisi IX DPR RI Okky Asokawati menyambut positif dan mendukung penuh rencana Pemprov DKI Jakarta untuk mengambilalih pengelolaan air di wilayah Jakarta.

"Upaya ini selain karena perintah konstitusi, juga diharapkan akan memperluas akses air bersih bagi seluruh rakyat Jakarta yang saat ini menurut data PAM Jaya sebanyak 40 persen warga Jakarta yang tidak menikmati layanan air bersih," kata Okky di Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Politisi Nasdem ini mendorong Pemprov DKI Jakarta untuk membuat formulasi pengambilalihan pengelolaan air di Jakarta dengan tetap mengedepankan aturan main yang berlaku, dengan tetap mengedepankan sikap kehati-hatian (prudence) agar proses pengambilalihan pengelolaan air di Ibukota dapat berjalan dengan baik dan berakhir pada kemanfaatan sebanyak-banyaknya bagi warga Jakarta.

"Langkah Pemprov DKI Jakarta di sektor layanan penyediaan air bersih ini harus simultan dengan ketersediaan fasilitas sanitasi yang baik. Data tahun 2017 mengungkapkan 800 ribu warga Jakarta yang masih melakukan buang air besar dilakukan secara sembarangan," jelasnya.

Diketahui, langkah upaya ini dilakukan Pemprov DKI untuk memenuhi target Water Supply and Sanitation (WSS) Millenium Development Goals (MDGs) sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

Di samping juga menjadi amanat Pasal 12 ayat (1) UU No 23/2014 tentang Pemerintah Daerah bahwa pelayanan air minum dan sanitasi merupakan kewenangan daerah dan menjadi urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar. (ahm)

tag: #dpr  #pemprov-dki  #anies-baswedan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...