Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 12 Feb 2019 - 17:33:19 WIB
Bagikan Berita ini :

Dapil 'Neraka' DKI III Ketat: Elite PDI-P Vs Ponakan Prabowo

tscom_news_photo_1549967599.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dua bulan jelang hari pencoblosan Pileg 2019, lembaga survei Charta Politika merilis hasil riset terbaru terkait dinamika caleg DPR dari daerah pemilihan atau dapil DKI Jakarta.

Salah satu dapil yang dikenal dengan dapil neraka adalah dapil DKI-III.Dapil DKI III ini mencakup Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, dan Jakarta Barat.

Betapa tidak, di dapil neraka ini, ada nama-nama politikus beken seperti politikus Gerindra sekaligus ponakan Prabowo Subianto, Saraswati Djojohadikusumo, dua politikus PDI-P Darmadi Durianto, Charles Honoris, politikus PAN Abraham Lunggana atau Haji Lulung, hingga Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra.

Dalam survei tersebut, salah satunya diukur dengan simulasi kertas suara. Diketahui, ponakan Prabowo yaitu Saraswati Djodjohadikusumo atau Sara bersaing ketat dengan duo PDI-P Darmadi Durianto dan Charles Honoris.

Namun, dari simulasi ini, Darmadi lebih unggul dibanding Charles di internal surat suara PDIP.

Direktur Riset Charta Politika, Muslimin mengatakan, metode dalam survei ini adalah sainte lague. Dalam metode itu ada skema simulasi pileg berdasarkan surat suara. Dengan simulasi ini bisa menganalisa caleg.

"Simulasi ini dimaksudkan menganalisa parpol dan caleg mana saja yang menempati urutan pertama di dapilnya masing-masing jika pemilu dilaksanakan hari ini," kata Muslimin dalam keterangannya, Selasa (12/2/2019).

Di dapil III ini, Darmadi bertengger di urutan pertama dari PDI-P. Saat ini, Darmadi merupakan anggota DPR dari Komisi VI. Sedangkan dari Gerindra, ada Sara yang merupakan anggota Komisi VIII DPR. Lalu, Golkar menyertakan nama Andi Rukman Nurdin.

Adapun dari PKS ada eks Wakapolri Adang Daradjatun. Sementara, dari PAN ada eks politisi PPP, Abraham Lunggana alias Haji Lulung. Sementara, Nasdem ada anggota DPR petahana, Ahmad Sahroni.

Charta Politika dalam survei ini mengambil sampel 800 responden di setiap daerah pemilihan dengan waktu 18 Januari-25 Januari 2019. Selain itu dengan wawancara tatap muka.Margin of errordari survei di tiap-tiap daerah pemilihan +/-3,4%.

Untuk perolehan kursi, PDI-P diprediksi akan mempertahankan jumlah kursinya, sementara rivalnya, Gerindra, justru akan mendapatkan tambahan kursi. Selain itu, hanya Golkar, PKS, dan PAN yang akan mendapatkan kursi dari dapil DKI-III.

"PDI-P masih bertahan di 3 kursi seperti di 2014. Gerindranambah1 kursi, yang sebelumnya 1 jadi 2 , kemudian Golkar, kemudian ada PKS, kemudian PAN juga dapat 1 kursi. Denganundecidedmasih 19,8 persen yang tidak mencoblos kertas suara atau ada yang mencoblos kita anggap rusak," ungkapnya.

Ada 8 kursi DPR RI dari dapil DKI-III. Siapa yang akan dipilih warga Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, dan Jakarta Barat sebagai wakil rakyat?. (Alf)

tag: #pemilu-2019  #dki-jakarta  #dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

KPU Undang Presiden Umumkan Pemenang Pilpres 2024

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri langsung penetapan pemenang Pilpres 2024. Rencanannya, acara tersebut ...
Berita

Kondisi Anaknya Sungguh Tragis di Tangan Mantan Suaminya, Lisa Tak Kuasa Membendung Airmata

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ini adalah suatu kisah pilu yang dituturkan oleh seorang ibu kandung bernama Lisa yang memiliki seorang putri berinsial GI, dan GI adalah putri keduanya yang telah ...