Bisnis

Bangun 31 Rest Area, JMP Gelontorkan Rp1,2 Triliun

Oleh ferdiansyah pada hari Rabu, 13 Feb 2019 - 16:14:47 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1550049287.jpg

Ilustrasi Rest Area (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--PT Jasa Marga Properti (JMP), anak usaha PT Jasa Marga Tbk, mengalokasikan sedikitnya Rp1,1 triliun hingga Rp1,2 triliun untuk membangun 31 tempat istirahat (rest area) di seluruh ruas tol yang dioperasikan BUMN jalan tol itu. 

"Total investasinya sebesar itu dan semuanya bersumber dari Jasa Marga untuk tiga tahun," kata Direktur Keuangan dan Pengembangan Jasa Marga Properti, Dian Takdir  Badrsyah, di Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Menurut Dian, total investasi sebesar itu berasal dari rencana penghitungan anggaran untuk bangunan per meter persegi Rp4 juta.

"Diharapkan bisa titik impas dalam 8-10 tahun," katanya.

Dian menyebutkan, hingga akhir tahun pihaknya berharap 31 tempat istirahat itu dapat diselesaikan hingga akhir tahun.

Sementara itu, Direktur Teknik PT JMP Tita Paulina Purbasari mengaku, pihaknya tengah mempercepat pembangunan konstruksi tempat istirahat itu. 

"31 rest area itu sebagian besar ada di Tol Trans Jawa, sisanya di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi Utara," kata Tita.

Hingga Februari 2019, kata Tita, pihaknya telah mengoperasikan setidaknya delapan tempat istirahat di koridor Jalan Tol Trans Jawa, seperti Rest Area Km 207A Jalan Tol Palikanci, Rest Area Km 391A Jalan Tol Batang-Semarang dan Rest Area Km 519A Jalan Tol Solo-Ngawi.

PT JMP juga masih melakukan tahap pembangunan konstruksi enam tempat istirahat  koridor Jalan Tol Trans Jawa. 

Beberapa sudah dibuka meski masih secara fungsional (temporer), atau dengan pelayanan minimum, antara lain Rest Area Km 360B Jalan Tol Batang-Semarang, Rest Area Km 379A Jalan Tol Batang-Semaran dan Rest Area Km 389B Jalan Tol Batang-Semarang.

"Intinya konstruksi secara masif kami lakukan agar selain segera selesai, juga untuk meningkatkan layanan di arus mudik 2019," katanya.

Target perseroan, saat arus mudik, tempat istirahat itu sudah berfungsi secara fungsional, kebutuhan dasar seperti toilet, SPBU dan tempat ibadah tersedia.(plt/ant).

tag: #proyek-infrastruktur  

Bagikan Berita ini :