Berita

Fahri Berharap Tidak Ada Contekan pada Debat Kedua Besok

Oleh Ahmad Syaikh pada hari Sabtu, 16 Feb 2019 - 14:44:36 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1550303076.jpg

Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah usul format debat Pilpres kedua para calon presiden dilarang membawa contekan dalam memaparkan visi-misi serta menjawab pertanyaan panelis.

"Usulnya debat besok tidak ada podium sehingga orang berdebat secara terbuka tanpa membawa teks," kata Fahri seperti dikutip Antara di Jakarta, Sabtu (16/2/2019).

Dia mengatakan, kedua kandidat harus dikonfrontir terkait visi-misi dan program yang dipaparkan agar masyarakat tahu siapa kandidat yang memiliki ide dan gagasan.

Menurut Fahri, masyarakat Indonesia memerlukan capres yang independen dalam hal pemikiran sehingga seharusnya tidak ada contekan dalam debat tersebut.

"Kita memerlukan capres yang independen, punya pikiran sendiri karena itu itu debat ini harus mengungkap siapa mereka sebenarnya," tegasnya.

Apalagi, Fahri menilai rakyat Indonesia mengharapkan adanya perdebatan dalam debat kedua, itu sebagai bagian koreksi dari pelaksanaan debat pertama yang cenderung monoton dan mekanistik.

"Di debat pertama, pertanyaan diberitahu sejak awal lalu jawaban disusun dengan alternatif yang ada oleh staf calon masing-masing kandidat. Karena itu tidak bisa dihindari dalam debat, para pendebat melihat contekan," katanya.

Seperti diketahui, debat kedua Pilpres 2019 akan dilaksanakan di Hotel Sultan pada 17 Februari besok.

Berbeda dengan debat pertama, debat kedua hanya diikuti capres dengan mengangkat tema energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup, dan infrastruktur. (ahm)

tag: #fahri-hamzah  

Bagikan Berita ini :