Opini
Oleh Hariqo Wibawa Satria (Pengamat Media dan Politik dari Komunikonten, Institut Media Sosial dan Diplomasi) pada hari Senin, 18 Feb 2019 - 13:33:07 WIB
Bagikan Berita ini :

Capres Memproduksi Hoaks, Televisi Menyebarkan, Mampukah Warganet dan Media Online Meluruskan?

tscom_news_photo_1550471587.jpg
Jokowi Vs Prabowo saat Debat Capres Jilid 2 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019) malam. (Sumber foto : Ist)

Untuk acara yang ‘sensitif’ sebaiknya direkam (tapping) ketimbang siaran langsung (live). Saran itu beberapa kali saya dengar saat bekerja di Komisi Penyiaran Indonesia Pusat 2010-2013.

Debat Pilpres 2019 sudah berlangsung dua kali, beberapa pernyataan capres terbukti hoaks. *Apakah debat pilpres sebaiknya tapping atau live?*

Debat Pilpres disiarkan langsung banyak televisi, ditonton masyarakat yang tidak menggunakan medsos atau hanya sesekali menggunakannya. Hoaks masuk ke rumah-rumah di seluruh RT/RW di Indonesia, hoaks diproduksi oleh orang dengan popularitas dan elektabilitas tinggi. Ditayangkan ulang oleh media yang paling banyak ditonton. SEMENTARA upaya pelurusan atas hoaks tersebut lebih banyak dilakukan pengguna medsos dan media online.

Kita apresiasi setinggi-tingginya kerelawanan pengguna medsos, media online, situs lembaga untuk meluruskan hoaks yang disampaikan dalam debat pilpres. Bahkan ada yang secara sukarela yang membuat transkip debat dan menyebarkannya. *Namun berapa persen dari penonton siaran langsung debat pilpres yang membaca pelurusan hoaks tersebut?*. Saya yakin hoaks lebih banyak dikonsumsi ketimbang penawarnya.

Saya setuju debat pilpres tetap live untuk memperlihatkan kematangan, kesiapan serta orisinalitas calon pemimpin NKRI. Karenanya untuk kebaikan bersama saya mengusulkan dua hal:

Pertama, dalam siaran langsung debat pilpres ketiga nanti, televisi harus meluruskan berbagai hoaks yang dibuat dalam debat pertama dan kedua. Sesi pelurusan hoaks ini sebaiknya masuk dalam susunan acara debat ketiga. Disini televisi harus memilih kepentingan nasional ketimbang kepentingan elektabilitas capres. Usulan pertama ini juga dapat diterapkan dalam berbagai debat antar jubir Capres yang setiap hari tayang di televisi.

Mengapa pelurusan terhadap hoaks dalam debat pilpres penting disiarkan televisi?, karena meskipun tanpa sengaja, televisi ikut menyebarkan hoaks dan saat ini pengguna medsos dan media online jangkauannya belum seluas televisi.

Kedua, Jokowi-Maruf, Prabowo-Sandi serta tim sukses keduanya harus lebih keras lagi mempersiapkan diri, menghafal data. Pastikan data yang disampaikan benar, dan gunakan sesi penutup debat untuk meminta maaf terhadap hoaks yang terlanjur disampaikan. Gajah mati meninggalkan gading, jangan sampai capres cawapres, serta para jubir dimakamkan dengan meninggalkan hoaks.

Depok, Jawa Barat, 18 Februari 2019 (*)

Disclaimer : Rubrik Opini adalah media masyarakat dalam menyampaikan tulisannya. Setiap Opini di kanal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis dan teropongsenayan.com terbebas dari segala macam bentuk tuntutan. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai dengan undang-undang pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini. Redaksi teropongsenayan.com akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang sebagai bagian dari hak jawab.

tag: #jokowi  #pilpres-2019  #prabowo-subianto  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Opini Lainnya
Opini

In Prabowo We Trust" dan Nasib Bangsa Ke Depan

Oleh Syahganda Nainggolan
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Susilo Bambang Yudhoyono dalam pidatonya kemarin di acara berbuka puasa bersama, "Partai Demokrat bersama Presiden Terpilih", tanpa Gibran hadir, kemarin, ...
Opini

MK Segera saja Bertaubat, Bela Rakyat atau Bubar jalan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) segera bertaubat. Mumpung ini bulan Ramadhan. Segera mensucikan diri dari putusan-putusan nya yang menciderai keadilan masyarakat.  Di ...