Jakarta
Oleh Bara Ilyasa pada hari Rabu, 20 Feb 2019 - 00:18:19 WIB
Bagikan Berita ini :
Festival Pecinan Meriah

Anies Ingin Glodok Jadi Destinasi Utama Wisata Ibukota

tscom_news_photo_1550596699.jpg
Gubernur Anies saat menghadiri Festival Pecinan 2019 sebagai rangkaian peringatan Cap Go Meh di kawasan Glodok Pancoran, Jakarta Barat, Selasa (19/2/2019). (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)–Festival Pecinan 2019 sebagai rangkaian peringatan Cap Go Meh digelar di kawasan Glodok Pancoran, Jakarta Barat, Selasa (19/2/2019). Berbagai hiburan dan kuliner hingga pernak-pernik khas Tiong Hoa disuguhkan dalam memeriahkan acara tersebut.

Gubernur DKI, Anies Baswedan, yang membuka kegiatan tersebut mengaku, pihaknyaingin menjadikan kawasan Petak Sembilan sebagai salah satu destinasi utama wisatawan di ibukota.

"Saya berharap kawasan Glodok yang sudah ada sejak zaman kolonial ini dapat menjadi tempat berkunjung. Tidak hanya warga Jakarta, tetapi juga masyarakat global," ujar Anies saat menyampaikan sambutan.

Keinginan Anies didasarkan pada sejarah panjang keberadaan kawasan Pecinan di Glodok. "Kawasan ini jadi tempat bertemu banyak masyarakat global, sehingga terjadi persenyawaan, yakni munculnya entitas baru masyarakat di Indonesia," katanya.

Anies berharap budaya masyarakat Tionghoa di Jakarta tidak hanya dilestarikan, tetapi juga berkembang.

"Jika cuma dilestarikan, ia akan menjadi museum. Namun, jika dikembangkan, ia akan ada terus untuk generasi masa depan," ujar Anies.

Sementara itu,Ketua Panitia Festival Pecinan 2019, Anwar Budiman mengungkapkan acara ini yang kedua kali digelar secara berturut setelah tahun lalu digelar di tempat yang sama.

Anwar menambahkan Festival ini merupakan rangkaian acara 20 Tahun berdirinya Perhimpunan Indonesia – Tiong Hoa (INTI) pada bulan April nanti. Ia pun memastikan ke depannya INTI siap untuk bekerja sama dan mendukung program-program Pemprov DKI.

"Terutama dalam hal pemberdayaan masyarakat khususnya pembinaan UMKM dan ekonomi kreatif seperti dalam festival kali ini,” ungkapnya.

Adapun dalam acara Festival Pecinan 2019 turut dimeriahkan sejumlah aksi kesenian kebudayaan Tionghoa dan juga Betawi. Mulai dari pagelaran tari dan musik Tionghoa, parade Koko dan Cici, Barongsai, Liong, Guzhen, Potechi Cinwa, hingga Tari 1000 Tangan Dewi Kuan Im.

Untuk kebudayaan Betawi yang ditampilkan Gambang Kromong, ‎Ondel-Ondel dan Enggrang. Adapula sejumlah UMKM kuliner juga turut meramaikan kemeriahan.

Festival Pecinan 2019 sendiri berlangsung pada Selasa ini hingga Rabu (20/2/2019), di Jalan Pancoran, Glodok, Jakarta Barat.

Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Barat menargetkan 5.000 pengunjung menghadiri festival tahunan tersebut. (Alf)

tag: #anies-baswedan  #pemprov-dki  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...