Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Minggu, 24 Feb 2019 - 08:20:19 WIB
Bagikan Berita ini :

Oesman Sapta Ajak Mahasiswa Perangi Hoax

tscom_news_photo_1550971219.jpg
Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang (OSO) mengajak mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) untuk memerangi hoax (kabar bohong) di media sosial. Hoax tidak sesuai dengan martabat orang Minang.

"Mahasiswa agar memerangi hoax dan mengembalikan martabat orang Minang yang tidak melakukan fitnah dan mengkerdilkan orang," katanya kepada media usai berbicara dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR dan dialog nasional bertema "Pemilu 2019 yang Aman, Tertib, dan Damai" di Padang, Sabtu (23/2/2019). Sosialisasi dan dialog nasional hasil kerja sama UNP dan Gebu Minang Sumatera Barat ini diikuti ratusan mahasiswa UNP dari jalur Bidik Misi yang memenuhi Auditorium Kampus UNP.

Oesman Sapta menjelaskan keluarga besar orang Minang tidak suka memfitnah dan mengeluarkan ujaran kebencian. Orang Minang selalu menghargai orang lain. Karena itu orang Minang harus kembali ke martabat asli. "Orang Minang bersatu dan kembali seutuhnya ke martabat Minang," ujarnya.

"Sehingga jangan sampai ada hoax di sini. Ini telah disadari masyarakat Minang dan tadi mahasiswa menyatakan siap memerangi hoax," sambung pria yang akrab disapa OSO ini.

Sebelumnya, dalam sosialisasi Empat Pilar MPR, Oesman Sapta mengungkapkan sudah empat kali datang ke UNP. Salah satu alasan untuk kembali bertemu mahasiswa UNP adalah adanya kekhawatiran terhadap merebaknya fitnah dan hoax di Sumbar yang dapat merusak persatuan anak bangsa. "Karena ada kekhawatiran terhadap fitnah yang merusak persatuan anak bangsa maka saya datang lagi ke UNP untuk keempat kalinya," sebut OSO.

Karena itu dia mengapresiasi kegiatan sosialisasi dan dialog nasional yang diprakarsai Gebu Minang Sumatera Barat dan UNP ini. OSO meyakini mahasiswa peserta sosialisasi ini tidak terpengaruh dengan hoax dan bisa memerangi hoax. "Karena yang dikumpulkan Gebu Minang ini adalah mahasiswa yang cerdas, jujur dan bermartabat sehingga tidak terpengaruh hoax," ucapnya.

Sebelumnya Rektor UNP Prof H. Ganefri, Ph.D, mengungkapkan kegiatan sosialisasi dan dialog nasional ini digelar karena melihat kondisi Sumbar yang memprihatinkan. "Banyak isu di media (sosial) yang berpotensi memecahbelah anak bangsa dan berbenturan sesama anak bangsa," sebutnya.

Menurut Ganefri, kemajuan informasi dan teknologi telah mempengaruhi kehidupan masyarakat. Begitu pula kemajuan-kemajuan informasi dan teknologi di Sumbar termasuk media sosial. "Karena itu mahasiswa harus bisa menyaring informasi di media sosial," ucapnya.(plt)

tag: #mpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...