Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 26 Feb 2019 - 13:58:49 WIB
Bagikan Berita ini :

Beda dengan Bawaslu, Komisi II Minta Mendagri Adil Soal Deklarasi Ganjar dkk

tscom_news_photo_1551164329.jpg
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Riza Patria meminta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo berlaku adil dalam menentukan pelanggaran kepala daerah,yang terlibat praktik kampanye Pilpres di sejumlah daerah.

"Kita harap Mendagri bisa berlaku adil," kata Riza saat ditanya soal polemikdeklarasi Capres yang dilakukan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, dan 31 kepala daerah lainnya,Selasa (26/2/2019).

Riza juga meminta seluruh kepala daerah menaati aturan yang ada. Menurutnya, jangan sampai kepala daerah terkesan melakukan kampanye secara suka-suka.

"Yang kita minta semua kepala daerah semua netral, sesuai dengan aturan dan ketentuan UU Pemerintah Daerah, UU ASN juga yang pegawai negeri. Memang diperbolehkan kampanye sejauh dilakukan pada hari libur atau melakukan izin cuti kampanye itu diperbolehkan ketentuanya," katanya.

Namun, untuk kasus 35 kepala daerah dan gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang mendeklarasikan dukungan kepada capres Jokowi-Maruf Amin, Riza mengaku bingung. Sebab, Bawaslu sebelumnya memutuskan bahwa Delkarasi Ganjar dkk kepada Petahana Jokowi melanggar UU Pemda.

"Ya justru itu kalau Bawaslu menganggap ada pelanggaran, karena Bawaslu Jateng yang lebih tahu bagaimana kronologis kegiatan pada saat itu. Jadi kalau Bawaslu menganggap itu ada pelanggaran, ditemukan harusnya Bawaslu menjelaskan pelanggaranya dimana, apa dan bagaimana sehingga Mendagri bisa memberikan sanksi, jika memang ditemukan ada," katanya.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo tak mempersoalkan deklarasi pro-Jokowi yang digelar Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan 34 kepala daerah di Jateng.

Tjahjo menyebut, kepala daerah berhak ikut kampanye asalkan mengikuti aturan termasuk mengajukan cuti.

"Untuk Jawa Tengah, yang saya pahami sejak awal sudah mengikuti proses yang ada. Malah saya dengar dari Panwas Jateng mengatakan sudah tidak ada masalah karena sesuai dengan aturan yang ada," kata Tjahjo dikonfirmasi di Hotel The Sultan, Jakarta, Senin (25/2/2019). (Alf)

tag: #komisi-ii  #dpr  #mendagri  #bawaslu  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement