Bisnis
Oleh Ahmad Syaikh pada hari Selasa, 26 Feb 2019 - 17:29:36 WIB
Bagikan Berita ini :

Kembangkan Bisnis Migas, Pertamina Gandeng Petronas

tscom_news_photo_1551176976.jpeg
Kerja sama Pertamina-Petronas (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- PT Pertamina (Persero) akan bekerja sama dengan Petroliam Nasional Berhad (Petronas) untuk mengembangkan bisnis migas dan turunannya.

Menurut Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Resiko Pertamina, Heru Setiawan, sinergi antara kedua perusahaan ini merupakan realisasi dari kerja sama Government to Government (G to G) yang sudah terjalin cukup erat sebelumnya.

“MoU ini menjadi payung untuk membangun sinergi bisnis yang saling menguntungkan antara kedua perusahaan. Kerja sama ini mencakup kerja sama secara strategis maupun operasional,” kata Heru dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (26/2/2019).

Kedua belah pihak, lanjut Heru, akan menjajaki kemungkinan kerja sama mulai dari bidang hulu hingga hilir.

Diantaranya adalah penelitian dan pengembangan, studi eksplorasi migas termasuk penerapan teknologi di blok migas dengan kesulitan CO2 tinggi, perdagangan sejumlah produk migas dan turunannya (kondensat dan petrokimia), dan energi terbarukan.

“Kerja sama yang akan dijalankan pun bukan hanya berlokasi di Indonesia dan Malaysia, namun dapat dikembangkan ke negara lain,” tegasnya.

Sementara itu, di bidang niaga, kedua perusahaan sepakat untuk melakukan pertukaran minyak mentah antara bagian produksi di Malaysia (Lapangan Kikeh, Kimanis dan Kidurong) dengan bagian produksi di Indonesia (Lapangan Jabung dan Ketapang). (ahm)

tag: #pt-pertamina  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement