Berita
Oleh Jihan Nadia pada hari Jumat, 01 Mar 2019 - 13:34:12 WIB
Bagikan Berita ini :

Jaga Kondusifitas TPS se-Indonesia, Kemendagri Gandeng 1,6 juta Linmas

tscom_news_photo_1551422052.jpg
Direktur Satuan Polisi Pamong Praja, Arief M Edie di acara Konferensi Pers Persiapan HUT Satpol PP, Damkar dan Linmas di Jakarta, Jumat (1/3/2019). (Sumber foto : TeropongSenayan/jihan.dok)

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN) –Dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2019, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)akan menugaskan Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) di setiap TPS seluruh Indonesia.

Linmas tersebut nantinya akan bertugas untuk menjaga kondusifitas TPS termasuk juga mengawal distribusi kotak dan surat suara.

“Kemendagri bekerjasama dengan KPU dan Bawaslu menggandeng 1,6 juta Linmas untuk menjaga kondusifitas 809500 TPS yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia”, kata Direktur Satuan Polisi Pamong Praja, Arief M Edie di acara Konferensi Pers Persiapan HUT Satpol PP, Damkar dan Linmas di Jakarta,Jumat (1/3/2019).

Untuk Linmas sendiri, Arief menjelaskan,terkait dengan tugasnya dalam menyukseskan Pemilu 2019. “Linmas bertugas mulai dari membantu TNI dan Polri dalam distribusi kotak dan surat suara, menjaga kondusifitas lokasi TPS, dan memfasilitasi masyarakat apabila mengalami permasalahan selama di TPS misalnya pertolongan kesehatan dan antrian pemilih”, jelas Arief.

Dalam menjalankan tugasnya, menurut Arief, Linmas selalu menjujung asas profesionalitas dan netralitas.

“Linmas adalah bagian dari masyarakat yang kami berikan tugas untuk menjaga kondusifitas di TPS. Linmas sudah dibekali dengan kemampuan yang baik dari KPU, Bawaslu, TNI dan Polri untuk ikut serta menyukseskan Pemilu 2019, jadi profesionalitas dan netralitas Linmas tidak perlu diragukan” tukas Arief.

Untuk lebih menjadikan Linmas diterima dengan baik oleh masyarakat, nantinya seluruh personil Linmas juga diperbolehkan untuk tidak memakai seragam resmi.

“Linmas diperbolehkan tidak memakai seragam resmi namun lebih disarankan memakai pakaian adat setempat agar lebih diterima oleh masyarakat”, tambah Arief.

Di akhir keteranganya, Arief mengajak kepada semua masyarakat untuk hadir menyumbangkan suaranya di Pemilu 2019.

“Pemerintah telah menjadikan hari pemungutan suara menjadi hari libur nasional, maka Kami mengajak kepada seluruh masyarakat untuk hadir pada tanggal 17 April 2019 dan bersama sama menyumbangkan suara”, tutup Arief. (Alf)

tag: #kementerian-dalam-negeri  #pemilu-2019  #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Di Akhir Periode Kepengurusan PIA DPR Tetap Jalankan Komitmen Berbagi Pada Sesama

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Sebagai bentuk komitmen untuk selalu berbagi berkah, di bulan suci Ramadhan kali ini Persaudaraan Isteri Anggota (PIA) DPR RI tetap menggelar pemberian Paket sembako bagi ...
Berita

Buka Puasa Bersama Komunitas Morgan Sports Club, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Tingkatkan Solidaritas Kebangsaan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Ketua Dewan Pembina komunitas otomotif mobil klasik asal Inggris Morgan Sports Car Club Indonesia (MSCCI) dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia ...