Berita

Jelang Debat Cawapres, Pengamat: Sandiaga Punya Celah Besar Serang Ma'ruf Amin

Oleh Fitriani pada hari Selasa, 12 Mar 2019 - 21:39:53 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1552401593.JPG

Sandiaga Uno dan Ma'ruf Amin (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Enam hari lagi debat Pilres 2019 akan dilangsungkan, tepatnya pada tanggal 17 Maret 2019 mendatang.

Pada debat putaran ketiga ini KPU mengusung tema tentang Pendidikan, Kesehatan dan juga Sumber Daya Manusia (SDM). 

Calon Wakil Presiden (Cawapres) paslon nomor urut 01, Ma-ruf Amin akan head to head dengan paslon nomor urut 02, Sandiaga Uno. 

Melihat tema debat tersebut, Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno mengatakan, untuk tema kesehatan, yang paling menarik untuk diperdebatkan adalah soal subsidi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang lagi bermasalah.

"Ini pasti menjadi isu yang menarik untuk diperdebatkan. Apalagi, kesehatan merupakan salah satu program unggulan petahana yang dibanggakan melalui Kartu Indonesia Sehat (KIS). Tapi praktiknya ada beberapa pihak yang mengeluhkan KIS sedang bermasalah," ujar Adi kepada TeropongSenayan, Selasa (12/3/2019).

Adi juga beranggapan, pada pelaksanaan debat putaran ketiga nanti, Ma"ruf Amin akan lebih diuntungkan dengan data dan capaian pemerintah di bidang kesehatan. Akan tetapi, Sandi pun punya celah untuk mengkritik petahana.

"Sebagai cawapres petahana tentu Ma"ruf Amin lebih diuntungkan dengan data dan capaian pemerintah dibidang kesehatan. Tergantung bagaimana Ma"ruf Amin bisa mengartikulasikannya nanti di panggung saat debat," paparnya.

"Sementara Sandi bisa memanfaatkan sekecil apapun celah untuk mengkritik borok di bidang kesehatan, apalagi Sandi punya pengalaman debat di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI," imbuhnya.

Saat disinggung, bagaimana seharusnya tata kelola kerjasama yang ideal, antara kelembagaan dan tata kelola keuangan, Adi menyebut, harus ada sinkronisasi antara tata kelola kelembagaan.

"Keduanya harus sinkron, karena orientasinya adalah membantu rakyat miskin menghadapi persoalan kesehatan. Jangan lagi ada adagium orang miskin dilarang sakit karena tak punya biaya berobat," tegasnya. (Alf)

tag: #sandiagauno  #pilpres-2019  #maruf-amin  

Bagikan Berita ini :