Berita
Oleh Fitriani pada hari Kamis, 14 Mar 2019 - 16:45:01 WIB
Bagikan Berita ini :

Diunggulkan di Debat Cawapres, Sandiaga Disarankan Tetap 'Merunduk'

tscom_news_photo_1552556701.jpg
Peneliti politik Universitas Telkom, Dedi Kurnia Syah. (Sumber foto : TeropongSenayan/fitriani.dok)

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN) --Peneliti politik Universitas Telkom, Dedi Kurnia Syah, memprediksi pelaksanaan debat Calon Wakil Presiden (Cawapres) pada 17 Maret 2019, tidak hanya akan terjadi saling adu gagasan, tetapi jugamomentumadu emosional antar kandidat.

Menurut Dedi, sebulan jelang pemungutan suara, mayoritaspemilih telah menentukan pilihandanmengerucut pada dua kelompok. Sehingga,debat Cawapres nanti hanya untuk memperteguh ketokohan masing-masing Cawapres. Bukan lagi soal mengumbar kepintaran.

"Paling tidak kita menghadapi masa orientasi ketokohan, Cawapres kali ini sudah sangat menonjol perbedaannya, baik dari sisi pemikiran maupun figur. Sandiaga, saran saya harus menahan diri dari godaan menunjukkan sisi kepintarannya, pilihan menampilkan sosok yang santun dan penuh hormat pada lawan akan lebih potensial" ujar Dedikepada TeropongSenayan,Kamis (14/3/2019).

Lebih lanjut, Dedi menyatakan,kedua Cawapres jugatelah memiliki posisi stabil di mata publik, sehingga menurutnya debat tersebuttidak akan banyak mempengaruhi pemilih.

"Tidak banyak pemilih yang terpengaruh dari debat, terlebih sejauh ini keduanya sudah memiliki basis pendukung masing-masing, kelompok abu-abu tidak dominan," ungkapnya.

Dedi melanjutkan, jika merujuk pada tema, dirinyameyakini Sandiaga akan lebih unggul soal materi debat.

Hal tersebut berkaca dari pengalaman Sandiaga sebagai pengusaha sukses. Sementara Ma"ruf Amin akan berkutat di tataran ide dan gagasan murni.

"Meskipun Ma"ruf Amin jugadikenal sebagai politisi senior, tapi kiprah beliau tidak banyak yang tahu," katanya.

"Jadi, secara materi Sandiaga diuntungkan dengan pengalaman, Ma"ruf Amin harus mampu mengartikulasikan ide dan gagasannya. Tetapi dengan jarak usia yang jauh, Sandiaga harus memperhatikan kondisi psikologi publik, ia harus merunduk meskipun berkesempatan show off," pungkasDedi. (Alf)

tag: #sandiagauno  #pilpres-2019  #maruf-amin  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...