Berita

Diunggulkan di Debat Cawapres, Sandiaga Disarankan Tetap 'Merunduk'

Oleh Fitriani pada hari Kamis, 14 Mar 2019 - 16:45:01 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1552556701.jpg

Peneliti politik Universitas Telkom, Dedi Kurnia Syah. (Sumber foto : TeropongSenayan/fitriani.dok)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Peneliti politik Universitas Telkom, Dedi Kurnia Syah, memprediksi pelaksanaan debat Calon Wakil Presiden (Cawapres) pada 17 Maret 2019, tidak hanya akan terjadi saling adu gagasan, tetapi juga momentum adu emosional antar kandidat.

Menurut Dedi, sebulan jelang pemungutan suara, mayoritas pemilih telah menentukan pilihan dan mengerucut pada dua kelompok. Sehingga, debat Cawapres nanti hanya untuk memperteguh ketokohan masing-masing Cawapres. Bukan lagi soal mengumbar kepintaran.

"Paling tidak kita menghadapi masa orientasi ketokohan, Cawapres kali ini sudah sangat menonjol perbedaannya, baik dari sisi pemikiran maupun figur. Sandiaga, saran saya harus menahan diri dari godaan menunjukkan sisi kepintarannya, pilihan menampilkan sosok yang santun dan penuh hormat pada lawan akan lebih potensial" ujar Dedi kepada TeropongSenayan, Kamis (14/3/2019).

Lebih lanjut, Dedi menyatakan, kedua Cawapres juga telah memiliki posisi stabil di mata publik, sehingga menurutnya debat tersebut tidak akan banyak mempengaruhi pemilih.

"Tidak banyak pemilih yang terpengaruh dari debat, terlebih sejauh ini keduanya sudah memiliki basis pendukung masing-masing, kelompok abu-abu tidak dominan," ungkapnya.

Dedi melanjutkan, jika merujuk pada tema, dirinya meyakini Sandiaga akan lebih unggul soal materi debat.

Hal tersebut berkaca dari pengalaman Sandiaga sebagai pengusaha sukses. Sementara Ma"ruf Amin akan berkutat di tataran ide dan gagasan murni.

"Meskipun Ma"ruf Amin juga dikenal sebagai politisi senior, tapi kiprah beliau tidak banyak yang tahu," katanya.

"Jadi, secara materi Sandiaga diuntungkan dengan pengalaman, Ma"ruf Amin harus mampu mengartikulasikan ide dan gagasannya. Tetapi dengan jarak usia yang jauh, Sandiaga harus memperhatikan kondisi psikologi publik, ia harus merunduk meskipun berkesempatan show off," pungkas Dedi. (Alf)

tag: #sandiagauno  #pilpres-2019  #maruf-amin  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement