Bisnis
Oleh pamudji pada hari Selasa, 19 Mar 2019 - 16:34:31 WIB
Bagikan Berita ini :

Pertamina Ajak Mahasiswa Riau Kelola Blok Rokan

tscom_news_photo_1552988071.jpg
Dirut PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati (Sumber foto : ist)


PEKANBARU (TEROPONGSENAYAN)--Dirut PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengajak mahasiswa di Riau untuk bersama-sama mengembangkan ladang minyak Blok Rokan.

“Saya, Pertamina, mengajak adik-adik (mahasiswa) untuk memberikan kontribusi dalam riset dan pengembangan. Bagaimana kita melakukan kajian lebih lanjut, karena ternyata, ada sepertiga area yang belum digarap sama sekali. Rokan ini punya produksi minyak terbesar di indonesia, itu baru 2/3 yang digarap,” kata Nicke dalam acara “BUMN Goes to Campus” yang dihadiri sekitar 3.000 mahasiwa di aula Universitas Riau Kampas Gobah, Kota Pekanbaru, Selasa (19/3/2019).

Pengelolaan Blok Rokan sepenuhnya dilakukan oleh Pertamina pada 2021 setelah kontrak PT Chevron Pacific Indonesia tidak diperpanjang oleh Pemerintah Indonesia. Nicke menyatakan, Blok Rokan yang memiliki luas wilayah 6.264 kilometer persegi merupakan ladang minyak dengan produksi terbesar di Indonesia. Peluang pengembangan blok minyak yang berlokasi di Provinsi Riau ini sangat cerah. Oleh karenanya Pertamina membutuhkan tenaga-tenaga muda, khususnya dari Riau untuk turut serta.

“Ayo kita garap sama-sama, kita akan kerja sama dengan Universitas Riau, kita buka seluas-seluasnya,” ujar Nicke.

Meski baru akan mengelola Blok Rokan pada 2021, lanjutnya, berkat dukungan Presiden Joko Widodo Pertamina sudah punyak hak untuk mengambil minyak mentah sejak Januari 2019. Minyak mentah itu dibeli oleh Pertamina dan kemudian diolah di Kilang Pertamina di Cilacap sehingga produksi bahan bakar minyak lebih murah.

Selama ini pengelolaan Blok Rokan oleh Chevron minyak mentah diekspor ke luar negeri. Dengan Pertamina bisa membelinya, impor minyak mentah (crude oil) Indonesia menurun.

“Penurunan impor crude oil nasional kita 70 persen dari tahun lalu. Artinya, neraca migas nasional membaik. Devisa negara, artinya uang tidak ada keluar, kita bayar di dalam negeri,” katanya.

Jenis minyak mentah di Blok Rokan merupakan yang terbaik, dan bila diolah di kilang Pertamina akan menghasilkan produk Pertamax dan Pertamax Turbo paling bagus.

“Jadi kalau kita olah minyak dari Blok Rokan, negara diuntungkan, Pertamina juga diuntungkan, masyarakat juga diuntungkan krena harga pembelian lebih murah. Sebelumnya dari Nigeria transportasi lebih mahal, sekarang dari Rokan, Riau, diangkut ke kilang Pertamina Cilacap lebih murah, semua pihak diuntungkan,” ujarnya.

“Berbanggalah adik-adik semua menjadi masyarakat di Riau in, karena jadi kontribusi luar biasa bagi negara ini,” kata Nicke yang disambut tepuk tangan ribuan mahasiswa. (plt/ant)

tag: #pt-pertamina  #bumn  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement