Bisnis
Oleh pamudji pada hari Rabu, 20 Mar 2019 - 09:44:08 WIB
Bagikan Berita ini :

Tiga BUMN Bergandengtangan Kembangkan Energi Terbarukan

tscom_news_photo_1553049848.jpg
Tiga BUMN (Pertamina,RNI, dan PTPN III) menandatangani kesepakatan sinergi mengembangkan energi baru dan terbarukan (Sumber foto : ist)

PEKANBARU (TEROPONGSENAYAN)--Tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu PT Pertamina (Pesero), PT RNI (Persero) dan PTPN III (Persero) bersinergi untuk mengembangkan energi baru dan terbarukan. Sinergi itu diwujudkan melalui penyediaan bahan baku minyak kelapa sawit (crude palm oil/ CPO) yakni Refined Bleached Deodorized Palm Oil (RDPO) dan Bio Ethanol.

Kerja sama ini ditandatangani oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, Direktur Utama RNI B. Didik Prasetyo dan Direktur Utama PTPN III Dolly P Pulungan di Pekanbaru,Riau dan disaksikan oleh Menteri BUMN Rini M. Soemarno.

"Sinergi seperti ini terus saya dorong untuk pemakaian Energi Baru dan Terbarukan (EBT) dan tentunya sebagai salah satu bentuk dukungan BUMN ikut serta dalam kampanye dunia mendorong penggunaan EBT. Dan salah satunya dengan penggunaan kelapa sawit karena kita tau potensi kelapa sawit di Riau sangat besar," kata Menteri Rini dalam keterangan resmi Selasa (19/3/2019).

Sementara itu Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan, melalui kesepakatan ini semua pihak bersepakat untuk menjajaki rencana kerja sama pasokan bahan baku nabati dari RNI dan PTPN III. Bahan baku ini didapat dari kebun kelapa sawit milik RNI dan PTPN III dan juga kebun kelapa sawit milik Petani Kelapa Sawit di wilayah kerja RNI dan PTPN III. Hasil pengolahan kelapa sawit tersebut akan dimanfaatkan oleh Pertamina untuk diolah lebih lanjut menjadi bahan bakar nabati.

Bagi plasma PTPN dan petani kelapa sawit, program ini diharapkan mampu meningkatkan serapan produk CPO sehingga dapat membantu menstabilkan harga TBS (tandan buah segar) di tingkat petani.

Selaras dengan hal tersebut PTPN juga mendorong percepatan peremajaan tanaman kelapa sawit plasma sehingga dapat menjamin pasokan bahan baku bagi pengembangan bahan bakat nabati ini. Oleh karena itu program ini merupakan bukti kehadiran BUMN bagi sawit rakyat.

Sedangkan bagi RNI, sinergi ini merupakan bagian dari upaya untuk melakukan hilirisasi produk CPO dari kebun kelapa sawit yang dikelola oleh anak perusahaan RNI Group, yaitu PT Perkebunan Mitra Ogan dan PT Laras Astra Kartika.(plt/ant)

tag: #bumn  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement