Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Kamis, 21 Mar 2019 - 14:55:15 WIB
Bagikan Berita ini :

Nasdem: Jokowi Tak Perlu Cuti Saat Kampanye

tscom_news_photo_1553154915.jpg
Joko Widodo (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Sekretaris Jenderal Partai Nasdem, Jhonny G Plate menyampaikan calon petahana Jokowi Widodo tak harus cuti sebagai presiden saat kampanye.

"Kalau keputusan MK presiden tidak perlu cuti. Tapi kami tentu akan mengatur semuanya supaya in line dan sesuai dengan amanat yang ada di UU No. 7 tahun 2017. Yaitu UU Pemilu," kata Jhonny di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Menurutnya, tidak memungkinkan seorang kepala negara bisa cuti. Hanya saja ketika melakukan kampanye fasilitas-fasilitas yang melekat sebagai presiden harus ditinggalkan.

"Mana bisa kepala negara cuti. Presiden sebagai kepala negara kemana-mana harus tetap sebagai kepala negara. Hanya pada saat kampanye tentu fasilitas-fasilitas yang melekat dan dibolehkan itu terbatas. Sebagai capres itu pasti terbatas sesuai dengan amanat UU. Tidak bisa full seperti kepala negara atau kepala pemerintahan," tegasnya.

Pada Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu diatur ketentuan pejabat negara yang harus menjalani cuti di luar tanggungan negara ketika mengikuti kampanye Pilpres 2019.Pasal 281 dalam UU Pemilu menyebutkan kampanye Pemilu yang mengikutsertakan Presiden, Wakil Presiden, menteri, gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota harus memenuhi dua ketentuan.

Pertama, Presiden dan Wapres serta kepala daerah tidak boleh menggunakan fasilitas negara dalam jabatannya, kecuali pengamanan bagi pejabat negara sebagaimana diatur dalam ketentuan perundang-undangan. Kedua, Presiden dan Wapres serta kepala daerah harus menjalani cuti di luar tanggungan negara. (ahm)

tag: #jokowi  #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement