Berita
Oleh Fitriani pada hari Selasa, 26 Mar 2019 - 17:43:42 WIB
Bagikan Berita ini :

Musrenbang Jakbar, Anies Imbau Adanya Program Pencegahan Kebakaran

tscom_news_photo_1553597022.jpeg
Gubernur Anies saat membuka Musrenbang Kota Administrasi Jakarta Barat (Jakbar) Tahun 2019, di Ruang MH. Thamrin, Kantor Walikota Jakbar, Selasa (26/3/2019). (Sumber foto : Ist)

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN) --Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan arahan sekaligus membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Administrasi Jakarta Barat (Jakbar) Tahun 2019, di Ruang MH. Thamrin, Kantor Walikota Jakbar, Selasa (26/3/2019).

Forum tersebut berlangsung selama dua hari ini, pada 26-27 Maret 2019, sebagai sarana sinkronisasi dan sinergitas antara aspirasi masyarakat dengan kebijakan Pemerintah, dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi DKI Jakarta Tahun 2020 yang bertema “Memacu Pertumbuhan Berkualitas”.

“Alhamdulillah, pagi ini kita bersama memulai kegiatan penting yang diselenggarakan tahunan, sehingga setiap tahun kita harus secara serius menginventarisir PR-PR (masalah) yang harus diselesaikan. Tadi kita sudah mendengar dari Pak Walikota, ada problem yang perlu mendapat solusi. Jakbar ini kota yang sering mengalami kejadian kebakaran. Karena itu, salah satu program yang harus segera hadir adalah program pencegahan kebakaran. Saya berharap PR-PR seperti ini di prioritaskan,” kata Anies.

Pada kesempatan itu, Anies menjelaskan, bahwa salah satu bentuk pencegahannya adalah dengan memeriksa rumah, di semua tempat yang memiliki risiko tinggi terhadap terjadinya kebakaran.

“Petanya itu tadi kita sudah lihat, dari merah sampai hijau, tempat-tempat ini yang punya risiko, dan harus kemudian intervensi, seperti diberikan dukungan untuk melakukan perbaikan, utamanya listrik, kompor, gas dan lainnya. Pengaturan jaringan listrik yang baik dan benar itu bisa dikerjakan cepat,” jelasnya.

Di samping itu, Anies pun berharap agar proses Musrenbang Kota Jakbar ini menjadi sarana dalam memberikan kesempatan kepada warga, sebagai pelaku utama pembangunan, untuk menggerakkan potensinya.

"Perlu hadirnya kesempatan yang setara bagi semua agar keadilan dirasakan dalam setiap sendi pengelolaan kota, sejak perencanaan hingga implementasinya, dengan mengajak seluruh elemen kota ikut bergerak memberdayakan warga," harapnya.

Dalam Musrenbang ini, dijelaskan Anies, ada beberapa program strategis yang perlu diperhatikan dan disinkronkan di wilayah Jakbar, diantaranya yakni:

1. Pembangunan jaringan perpipaan (transmisi dan distribusi) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Jatiluhur dan SPAM Pesanggrahan.

2. Pembangunan Waduk Daan Mogot Sebagai Sumber Air Baku.

3. Pembangunan Jakarta Sewerage System (JSS) Zona

4. Penataan Kawasan Sentra Primer Baru Barat.

Selain itu, program kegiatan pembangunan wilayah tahun 2020 diharapkan dapat selaras dengan kegiatan strategis daerah lainnya, antara lain pengelolaan air bersih, persampahan, naturalisasi sungai, hunian yang layak, penataan kampung, peningkatan akses PAUD, serta peningkatan akses penyandang disabilitas. (Alf)

tag: #anies-baswedan  #pemprov-dki  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...