Bisnis

Bank Mandiri Dorong Revitalisasi Industri Tekstil Jabar

Oleh pamudji pada hari Rabu, 27 Mar 2019 - 11:45:02 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1553661902.jpeg

Ilustrasi (Sumber foto : ist)

BANDUNG (TEROPONGSENAYAN)--PT Bank Mandiri (Persero), Tbk Bank Mandiri mendorong revitalisasi industri tekstil di Jawa Barat. Sebab, industri tekstil dan produk tekstil memiliki peran yang strategis dalam perekonomian Indonesia.

"Kami melihat bahwa industri tekstil di kita ini perlu ada revitalisasi," kata Regional CEO Bank Mandiri Jawa Barat, Harry Gale, pada acara Focus Group Discussion (FGD) Revitalisasi Industri Tekstil dan Pakaian di Provinsi Jawa Barat, di Kota Bandung, Selasa (26/3/2019).

Dia mengatakan upaya revitalisasi ini terdiri atas dua faktor. Yakni, yang berpengaruh dari sisi eksternal dan internal.

Adapun faktor internal ini meliputi ketersediaan teknologi atau mesin, pasalnya teknologi industri tekstil di Indonesia, masih tertinggal dari negara lain. Alhasil teknologi ini kata dia perlu peremajaan.

Kedua ialah industri mesin dalam negeri, lanjutnya, belum mendukung kebutuhan di internalnya sendiri. Apalagi kebutuhan kapas Indonesia yang masih 99,9 persen impor sehingga hal tersebut sangat berpengaruh.

Dari sisi eksternal, Harry menyebutkan energi yang dibutuhkan pula sangat berpengaruh untuk kelangsungan hidup industri tekstil sendiri, sebab mesin tekstil ini tidak pernah mati atau beroperasi selama 24 jam.

"Cost structure dari produk tekstil ini sangat banyak sekali, terkait hal-hal yang mendukung faktor internal maupun eksternal yang mendukung cost structure. Sehingga jadi kurang efisien," lanjutnya.

Industri tekstil memiliki andil dalam penyerapan tenaga kerja dalam jumlah yang cukup besar, menyumbang devisa, serta sebagai industri yang diandalkan untuk memenuhi kebutuhan sandang nasional khususnya di Jawa Barat.(plt)

tag: #  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement