Bisnis
Oleh Ahmad Syaikh pada hari Rabu, 27 Mar 2019 - 15:37:27 WIB
Bagikan Berita ini :

Tahun Ini, Kementerian PUPR Sertifikasi 210 Ribu Tenaga Konstruksi

tscom_news_photo_1553675847.jpg
Konstruksi (Sumber foto : Istimewa)

PADANG (TEROPONGSENAYAN) -- Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan akan melakukan sertifikasi kepada 210 ribu tenaga konstruksi di Indonesia tahun ini.

Staf Ahli Kementerian PUPR, Firdaus Ali menyatakan sertifikasi ini bertujuan agar seluruh pekerja konstruksi (ahli dan terampil) memiliki kualitas sesuai standar yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Saat ini baru sekitar 7,2 persen dari total delapan juta pekerja konstruksi di Indonesia sehingga pihaknya berupaya melakukan percepatan untuk menyertifikasi seluruh pekerja,” kata dia di Universitas Negeri Padang (UNP), Rabu (27/3/2019).

Apalagi, menurut dia, dalam menghadapi revolusi industri 4.0 banyak tantangan yang akan dihadapi salah satunya dengan meningkatkan kompetensi pekerja konstruksi baik dari pendidikan SMA ke atas hingga SMA ke bawah.

“Dengan mengantongi sertifikasi pekerja dapat bekerja di seluruh proyek pemerintah yang dibiayai dana APBN dan APBD karena kualitas mereka telah terjamin,” ujarnya.

Selain itu, dengan adanya sertifikasi, lanjut dia, akan menyiapkan tenaga konstruksi yang ada dapat bersaing dengan tenaga kerja asing.

"Kita tentu mengutamakan tenaga kerja kita daripada asing," tegasnya.

Firdaus juga menyebutkan, dana APBN yang dialokasikan untuk konstruksi tahun ini adalah sebesar Rp110,7 trilun dan Rp77 triliun untuk pembangunan fisik.

"Ini kesempatan, kita harus menyiapkan tenaga konstruksi dan badan usaha konstruksi yang berkompeten," pungkasnya. (ahm)

tag: #proyek-infrastruktur  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement