Berita
Oleh Jihan Nadia pada hari Minggu, 31 Mar 2019 - 17:39:34 WIB
Bagikan Berita ini :

Kapuspen Kemendagri Ikut Sosialisasi Pemilu Kepada Pemilih Pemula di Cinere Depok

tscom_news_photo_1554028774.jpg
Kapuspen Kemendagri Bahtiar saat menjadi narasumber dalam sosialisasi Pemilu untuk pemilih pemula di Kecamatan Cinere, Depok, Jawa Barat, Minggu, (31/03/2019). (Sumber foto : TeropongSenayan/jihan.dok)

DEPOK (TEROPONGSENAYAN) --Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen)Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Bahtiar menekankan pentingnya sosialisasi Pemilu untuk pemilih Pemula dan kaum Millenial. Pasalnya, tingkat pemahaman pemilih pemula dianggap masih minim dan belum memadai dalam menghadapi hari "H" pencoblosan pada tanggal 17 April 2019 nanti.

"Nah, dari dialog awal tadi kelihatan sekali tingkat pemahaman anak-anak kita, adik-adik kita ini yang akan menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2019 memang belum cukup banyak informasi yang diketahui. Pemahaman surat suara, bagaimana cara mencoblos, itu hampir blank mereka itu," kata Bahtiar usai menjadi narasumber dalam sosialisasi Pemilu untuk pemilih pemula di Kecamatan Cinere, Depok, Jawa Barat, Minggu, (31/03/2019).

Dengan gencar dan masifnya sosialisasi Pemilu bagi Pemilih Pemula, Bahtiar mengharapkan adanya transfer pengetahuan dan pemahaman tentang pendidikan politik dan pada gilirannya membentuk pemilih-pemilih yang rasional dan cerdas serta mampu melahirkan pemimpin cerdas.

"Dengan adanya kegiatan simulasi pemilu hari ini, maka paling tidak para pemilih pemula nanti pada hari "H" tanggal 17 April 2019 mereka lebih lancar dalam proses pencoblosan. Kemudian kita harapkan mereka tidak asal mencoblos, tapi juga diajarkan menjadi pemilih cerdas," ungkap Bahtiar.

Lebih lanjut, Bahtiar meminta forum atau sosialisasi Pemilu 2019 khususnya bagi pemilih pemula dapat dihadirkan dan digerakkan di seluruh wilayah.

"Kegiatan seperti ini semestinya digerakkan di seluruh daerah, di seluruh wilayah kecamatan, baik dilakukan oleh LSM, KPU maupun organisasi masyarakat lainnya. Jangan sampai pemilih pemula kita tidak menggunakan hak pilihnya hanya karena ketidaktahuannya atau kekurangan informasi atau sebagainya," katanya.

Kapuspen juga menyampaikan salam hangat, ucapan terimakasih dan bangga Mendagri Tjahyo Kumolo kepada "Forum Anak Cinere" anak anak muda yang rata2 masih duduk dibangku sekolah kelas 11 dan kelas 12 Tingkat SLTA tapi memiliki kepedulian sangat tinggi dan kesadaran untuk ikut membantu penyelenggara pemilu dan pemerintah dalam melakukan sosiliasi dan simulasi pemilu. Ini anak-anakmuda calon pemimpin terbaik bangsa kedepan. Kelompok Muda seperti ini patut kita apresiasi dan menjadi teladan bagi anak muda lainnya diseluruh Indonesia," ujar Juru Bicara Kemendagri Bahtiar.

"Kami juga salut dan respek kepada Camat Cinere Depok Bapak Manguluang Mansur yang telah memberikan fasilitasi terhadap aspirasi Forum Anak Cinere untuk melakukan sosialisasi dan simulasi pemilu. Inilah contoh Camat Teladan, mampu menangkap aspirasi masyarakat dan peka terhadap kebutuhan negara hari ini adalah bersama-sama menggerakkan lingkungan dan gerakkan potensi anak muda mensukseskan pemilu serentak.rabu 17 april 2019," puji Bahtiar.

"Dari Cinere Depok Mari Kita Gelorakan Semangat Para Pemilih Pemula Indonesia Untuk Hadir Ke TPS Tanggal 17 April 2019", ajak Bahtiar. Dan semua anak muda cinere yang hadir, menyatakan Siaap.

Dengan komitmen ini, kita semua yakin dan sangat optimis bahwa pemilu serentak tanggal 17 April 2019 pasti akan berjalan lancar, aman, tertib dan damai, pungkas Kapuspen/Jubir Kemendagri Bahtiar Baharuddin. (Alf)

tag: #kementerian-dalam-negeri  #pemilu-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...