Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Jumat, 05 Apr 2019 - 15:39:08 WIB
Bagikan Berita ini :

Pileg Kurang Diminati, Fahri Hamzah Usul Pemilihan Legislatif dengan Sistem Distrik

tscom_news_photo_1554453548.jpg
Fahri Hamzah (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah mengusulkan pelaksananPemilu legislatif nantinya diterapkan dengan sistem distrik. Dengan sistem ini, menurut Fahri, individu akan jadi lebih kuat dibandingkan partai.

"Saya kira harus ada koreksi. Saya sendiri koreksinya agak radikal. Saya usulkan sebaiknya anggota DPR dipilih dengan metode sistem distrik, supaya dapilnya mengecil dan intensitas dia bertemu dengan konstituennya semakin kuat," kata Fahri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (5/4/2019).

Kurangnya minat masyarakat pada pemilihan legislatif pada pemilu 2019, kata Fahri, jadi salah satu alasan dirinya mengusulkan sistem pemilihan anggota DPR dengan sistem distrik. Ia juga berdalih dengan sistem ini akan menyebabkan Anggota DPR akan mengakar dengan dapilnya.

"Kedua, setelah mengakar, fungsi dia sebagai anggota DPR semakin definitif. Terutama fungsi terhadap dapil. Saya kira pilegnya harus dibikin sistem distrik. Misal distrik sebesar bupati, jadi yang dipilih bupati dan amggota DPR itu kira-kira sama besar dapilnya sehingga nanti ketika bupati naik, dia bisa nagih ke dewan, bantu dong daerah kamu di atau dari pusat untuk menyuarakan kepentingan masyarakat baik di bidang legislasi, anggaran, pengawasan," kata Fahri.

Ia juga melihat kurang antusias masyarakat dengan pemilihan legislatif, karena arangement dari KPU-nya yang terlalu banyak kosong.

"Jelas sekarang ini secara kasat mata, Pileg, Pilpres bersamaan ini gagal terutama bagi pilegnya. Tapi juga ada unsur kegagalan ini. Hampir 8 bulan masa kampanye, pileg tidak pernah diaktifkan. Sehingga begitu masuk masa kampanye intensif, orang fokus kepada (pemilihan) presiden," katanya. (Alf)

tag: #fahri-hamzah  #pemilu  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Pengiriman Bantuan untuk Korban Gempa Terkendala Kapal, NU Bawean Minta Jokowi Turun Tangan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
GRESIK (TEROPONGSENAYAN) --Pengiriman bantuan logistik/sembako untuk korban Gempa Bawean, Gresik, terkendala menyusul minimnya armada kapal barang yang melayani penyeberangan dari Pelabuhan ...
Berita

Rojih Ubab Maimoen: Media Sosial Bisa Dijadikan Amal di Bulan Ramadan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi 1 DPR RI, KH. Rojih Ubab Maimoen mengajak masyarakat untuk mengunakan media digital dengan sebaik-baiknya. Apalagi, kata ia, di bulan Ramadan yang penuh ...