Berita

Mudahnya Cara Kerja Aplikasi Ayo Jaga TPS

Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 09 Apr 2019 - 07:54:43 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1554876882.jpg

Aplikasi Ayo Jaga TPS (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Aplikasi Ayo Jaga TPS diluncurkan untuk memastikan Pemilu berjalan tertib dan jauh dari kecurangan. Cara kerja aplikasi yang bisa diunggah di play store di link https://play.google.com/store/apps/details?id=com.jagatps.app serta website ayojagatps.com ini pun terhitung mudah.

"Kami mengajak masyarakat menjadi relawan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) terdekat untuk memastikan Pemilu ini menjadi pesta demokrasi yang tertib, beradab, berkualitas dan bebas dari kecurangan," kata Co-Founder Ayo Jaga TPS M. James Falahuddin dalam keterangan di Jakarta, (8/4/2019).

James menjelaskan, cara kerja dari aplikasi ini sangat mudah dan sederhana. Yakni, menginstal aplikasi ayo JagaTPS di Play Store, registrasi,lalu masuk ke aplikasi. Setelah melewati tahapan ini, relawan sudah bisa mengirimkan hasil form C1 plano.  

Setiap relawan di TPS, kata dia, cukup mengirimkan rekap hasil perhitungan via aplikasi dan C1 plano diunggah. Saat registrasi nantinya relawan akan dialokasikan ke TPS tempat dirinya terdaftar untuk memilih sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Relawan tak perlu takut dengan keamanan dari data yang dikirimkan. Aplikasi ini di-host di data center dengan tingkat keamanan tinggi. Kami juga sudah koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk informasikan keberadaan aplikasi ini," katanya.

Di setiap TPS, lanjut dia, ditargetkan akan ada dua relawan dari aplikasi Ayo Jaga TPS.

"Kita pastikan nanti hanya berpihak kepada data.Kami berani mempertanggungjawabkan mekanisme dan metodologi perhitungan data dari TPS ini jika ada pihak-pihak yang memerlukan," paparnya.

Sebelumnya Cawapres nomor 02 Sandiaga Uno mengajak pendukung, relawan dan parpol koalisi di seluruh Indonesia men-download sebuah aplikasi Ayo Jaga TPS.

Aplikasi ini khusus dirancang untuk mencegah segala potensi kecurangan penghitungan suara di TPS pada Pilpres 17 April mendatang.(plt)

tag: #pemilu-2019  #pilpres-2019  

Bagikan Berita ini :