Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Jumat, 12 Apr 2019 - 07:00:05 WIB
Bagikan Berita ini :

Perlu Keterlibatan Berbagai Pihak Kembangkan Pariwisata Berkelanjutan

tscom_news_photo_1555027205.JPG
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Indonesia menargetkan sektor pariwisata berada pada peringkat ke-30 dunia pada 2019.

Menurut Wakil Ketua Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra, pilar keberlanjutan lingkungan (environmental sustainability) harus ditingkatkan, sehingga perlu ada keterlibatan sektor publik, swasta, dan masyarakat untuk meningkatkan environmental sustainability. Apalagi sustainable tourism atau pariwisata berkelanjutan sudah menjadi isu global.

“Indonesia sangat peduli terhadap pengembangan pariwisata yang ramah lingkungan. Prinsipnya adalah 3P, yakni People, Planet, Prosperity, atau pemberdayaan masyarakat, kelestarian alam, dan peningkatan kesejahteraan. Untuk mewujudkan Indonesia menjadi destinasi wisata berkelanjutan kelas dunia, harus melibatkan semua pihak, termasuk wisatawan yang berkunjung,” kata Sutan dalam rilisnya, Rabu (10/4/2019).

Anggota Fraksi Partai Gerindra DPR RI tersebut menyatakan, wisatawan diharapkan tidak sekadar berkunjung ke destinasi pariwisata Indonesia, tapi juga terlibat menjaga lingkungan dan budayanya. Generasi muda juga harus menjadi penggerak semangat demi mewujudkan Indonesia menjadi destinasi wisata berkelanjutan dunia.

Sementara di tengah maraknya pengembangan pariwisata era 4.0 atau pariwisata generasi digital, Sutan berharap sektor pariwisata Indonesia dapat tumbuh dengan mengadopsi kebutuhan digitalisasi pemasaran wisata. Selain itu, ke depannya diharapkan terbangun ekosistem pelaku usaha yang memiliki kapasitas usaha wisata dengan pemanfaatan media digital sebagai sarana promosi dan jejaring bisnisnya.

“Pemasaran wisata sangat terbantu dengan aplikasi- aplikasi e-commerce, baik itu situs perjalanan, belanja dan lainnya. Kini orang pesan hotel itu sudah bisa di e-commerce, lihat kondisi kamar, harga serta testimoni tamu sebelumnya terhadap layanan. Sehingga jika ada hotel yang belum bisa melakukan ini tentu suatu kemunduran di era digital sekarang,” tandas legislator dapil Jambi itu. (plt)

tag: #dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...